Poligami di DKI Meningkat

VIVAnews - Lembaga Bantuan Hukum Aliansi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH-APIK) mencatat kasus poligami di Jakarta meningkat. Poligami yang dilaporkan kepada lembaga swadaya masyarakat ini adalah perkawinan tanpa izin istri dan tidak dicatatkan.

LBH-APIK menyebutkan, dari  287 kasus kejahatan perkawianan yang diadukan sebanyak 51 kasus merupakan kasus perselingkuhan (adanya perempuan lain). Lalu sebanyak 36 kasus poligami (perkawinan tanpa ada ijin istri dan tidak dicatatkan).

Berdasarakan hasil analisis yang diterima VIVAnews dari LBH-APIK Jakarta, dilihat dari aspek tingkat pendidikan, kasus poligami tanpa izin istri dan tidak dicatatkan dilakukan oleh masyarakat yang tingkat pendidikannya hanya sebatas Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) sebanyak 1 orang.

Lalu Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sebanyak 15 orang dan tingkat Universitas sebanyak 18 orang serta ada juga yang tidak mengisikan datanya dengan lengkap ada 2 orang.

Dari data ini, kasus Poligami banyak terjadi pada seseorang yang mempunyai tingkat pendidikan tertinggi. "Poligami tidak lebih dominan terjadi pada tingkat pendidikan yang rendah," ujar Ketua LBH Apik Jakarta Umi Farida Minggu 28 Desember 2008.

Menurutnya keterbukaan untuk mengungkapkan kasus kejahatan perkawinan (dalam hal ini poligami) masih didominasi oleh korban yang berpendidikan.

Jika dilihat dari tingkat penghasilan mitra, poligami juga dapat terjadi pada seseorang yang tidak mempunyai penghasilan jika kita melihat dari data-data berdasarkan tingkat penghasilan seseorang dari LBH- APIK Jakarta.

Pada tingkat penghasilan kurang dari Rp 1.000.000, tercatat sebanyak 8 orang, tingkat penghasilan antara Rp. 1.000.000 sampai Rp 5.000.000  ada sebanyak 8 orang, tingkat penghasilan
di atas Rp. 5.000.000 ada sebanyak 1 orang dan yang tidak mempunyai penghasilan ada sebanyak 13 orang serta yang tidak mengisi data penghasilannya ada 6 orang.

Artinya dalam kasus poligami ini paling sering terjadi pada perempuan yang tidak mempunyai penghasilan. Poligami rentan dialami oleh perempuan yang hanya mengandalkan penghasilan dari laki-laki sebagai suaminya.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara
Ketum PSS Erick Thohir bersama Emil Audero Mulyadi

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, blak-blakan soal pertemuan dengan kiper Inter Milan, Emil Audero. Akankah Emil akan jadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia terbaru.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024