BMKG Tangkis Isu Gempa Besar di Selatan Jawa

SMS Inbox
Sumber :
  • phonenumbers4u.co.uk

VIVAnews - Maraknya SMS palsu yang beredar tentang potensi gempa besar membuat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) angkat bicara.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Melalui situs resminya, BMKG menyiarkan pernyataan bahwa SMS yang mengklaim bahwa akan terjadi gempa besar antara tanggal 8-11, adalah tidak benar.

"BMKG menyatakan bahwa isu tersebut tidak benar dan menyesatkan," kata BMKG.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Dalam SMS tersebut, dikatakan bahwa pada 8-10 Oktober 2010 akan terjadi gempa besar di Pantai Selatan Jawa dan Jakarta. SMS itu bahkan mengatasnamakan pegawai BMKG.

Masyarakat diimbau untuk waspada dan tak menanggapi isu itu. "Tidak ada pegawai BMKG yang pernah menyatakan akan terjadinya suatu gempa bumi besar ke depan dan tidak akan pernah, karena gempa bumi saat ini belum bisa diprediksi kapan akan terjadi."

Tips Sukses dari Konten Kreator Abibayu, Always On dan Inovasi Kreatif

Untuk itu, masyarakat yang menerima SMS semacam itu sebaiknya tidak menyebarkan SMS sesat tersebut kepada orang lain, tapi melaporkan kepada instansi yang terkait.

SMS-SMS berisi kabar bohong memang masih sering dijumpai di kalangan pengguna ponsel. Tak hanya menyebarkan isu berbau SARA, seringkali pesan-pesan SMS ini juga memanfaatkan kekhawatiran masyarakat terhadap bencana alam. (umi)

Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024