Kapolri : Waspadai Serangan ke Kantor Polisi

Kapolri Bambang Hendarso Danuri
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri meminta jajarannya mewaspadai penyerangan terhadap kantor-kantor kepolisian. Dia meminta kepolisian harus mendata segala potensi ancaman di wilayah masing-masing.

"Belakangan ini dinamika yang berkaitan dengan penyerangan petugas polisi, markas di tingkat polsek, bentrokan fisik antar masyarakat atau kelompok, pembakaran cenderung meningkat terjadi di beberapa kota. Saya berharap peran Polri yang memang harus mampu meminimalisir segala bentuk ancaman yang akan timbul," kata Bambang saat melakukan pelantikan beberapa pejabat Kapolda di Mabes Polri, Jakarta, Jumat 8 Oktober 2010.

Bambang Hendarso meminta kepada jajaran di bawahnya memaksimalkan peranan masing-masing, dari tingkat polda hingga tingkat polsek. "Perankan satuan hingga satuan terkecil subsektor sampai polda," kata dia.

Pemaksimalan peran satuan-satuan hingga sub sektor itu, kata dia, diharapkan bisa mencegah aksi-aksi kekerasan. Pemaksimalan peran itu, juga harus ditunjang dengan bekerjasama dengan aparat lainnya. "Dengan peran subsektor tentunya tidak berdiri sendiri, dia ada bersama babinsa (badan pembina desa), pemerintah daerah, bersama-sama mencegah aksi kekerasan. Ini jadi atensi kita," kata dia.

Hari ini, kapolri melantik tiga pejabat kapolda. Pejabat itu adalah Kapolda Kepulauan Riau dari Brigjen Pudji Hartanto kepada Brigjen Budi Winarso. Kapolda Maluku dari Brigjen Totoy Herawan kepada Brigjen Syarief Gunawan. Kapolda Kalimantan Selatan dari Brigjen Untung Radjab kepada Brigjen Syariefudin.

Bambang Hendarso berpesan kepada para kapolda yang dilantik untuk tetap sigap dalam menyelesaikan masalah kekerasan dan serangan itu. Meskipun, kata dia, Polri sering kali mendapat cercaan dari masyarakat. "Apapun cercaan dan harapan masyarakat kalau polisi mampu yang sesingkatnya dan mampu mencegah dan menindak ganguan kamtibnas yang kita ketahui dengan tindakan anarkis dengan senjata api, apakah rakitan atau ilegal," kata dia.(ywn)

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya
Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024