Wasiat Mantan Kepala Polri M Sanusi

"Bila Saya Wafat, Semua Pakai Putih-Putih"

VIVAnews - Almarhum mantan Kepala Polri Jenderal Purnawirawan Mochamad Sanusi dikenal sebagai sosok penyayang cucu. Enam cucu dari dua putra dan satu putrinya itu, sangat lengket dengan mantan Duta Besar RI untuk Myanmar dan Nepal itu.

"Semua cucu sangat dekat dengan Aki (panggilan almarhum). Lengketnya sama almarhum," ujar kerabat almarhum, Muji Santoso, kepada VIVAnews di rumah duka, Jalan Intan IV, Jakarta Selatan, Sabtu, 27 Desember 2008.

Selain dikenal lengket dengan cucu, alumni Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian angkatan VII itu, juga dikenal sebagai sosok yang dermawan dan baik hati. "Almarhum adalah donatur untuk sekolah alumninya yakni SMAN 1 Bogor," tambah Muji.

Sebelum meninggal, almarhum sudah memberikan firasat kepada para keluarga. Mantan Kepala Polda Jawa Timur itu, lanjut Muji, mengaku sudah siap lahir dan batin kalau dipanggil Yang Maha Kuasa. "Almarhum berpesan, kalau meninggal semua keluarga harus memakai baju baru putih-putih," ujar Muji.

Firasat lain, ketika anak bungsunya ingin berangkat haji, almarhum itu memimpin ceramah. Pada saat ceramah, lanjut Muji, beliau berkata, "Kapan kita bisa kumpul-kumpul lagi? Nanti ketika kita kumpul, salah satu diantara kita sudah ngga ada," kutip Muji.

Mochamad Sanusi, kata Muji, sebenarnya memiliki penyakit jantung sejak lama. Selama mendapatkan pengobatan rawat jalan, ternyata obat untuk penyakit jantungnya itulah yang menyebabkan sakit ginjal yang merenggut nyawanya.

"Beliau dirawat sejak Sabtu (20 desember 2008), di RS MMC, Kuningan. Sebelumnya sempat muntah-muntah. Lalu masuk ICU dan tidak sadarkan diri selama seminggu sampai akhirnya meninggal," sedih Muji.

Suasana di rumah duka, beberapa karangan bunga masih berjajar rapi di kediaman almarhum. Karangan bunga yang terlihat antara lain dari Kepala Polri Jenderal Bambang Hendarso Danuri, mantan Kapolri Jenderal Purnawirawan Sutanto, Kepala Badan Reserse dan Kriminal Komisaris Jenderal Susno Duadji, dan mantan Kapolri Jenderal Purnawirawan Da'i Bachtiar.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten
Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024