Djoko Suyanto: Ito Calon Kapolri, Ah Masa?

Marsekal (Purn) Djoko Suyanto
Sumber :
  • Situs resmi TNI

VIVAnews -- Beredarnya nama calon Kapolri ketiga, Komisaris Jenderal Ito Sumardi juga membuat kaget Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Djoko Suyanto.

Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) itu bahkan mengaku tidak tahu.  "Ah masa? Belum tahu saya," kata Djoko Suyanto di Kantor Presiden, Senin, 4 Oktober 2010.

Lalu bagaimana beredar kabar Ito Sumardi sebagai calon kuat Kapolri pengganti Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri? "Jangan tanya saya. Tanya ke yang ngomonglah," jawab Djoko.

Menanggapi isu pencalonan Ito, Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri menegaskan, Mabes Polri hanya mengajukan dua nama ke Presiden, Komisaris Jenderal Nanan Soekarna dan Komisaris Jenderal Imam Sudjarwo.

Nama Ito muncul di tengah beredarnya dua nama yang belakangan kerap digunjingkan. Dalam akun twitternya, Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, menegaskan nama-nama calon Kapolri yang beredar, "tidak diasuransikan."

"Yang akan jadi adalah yang tidak banyak diperbincangkan. Yang penting adalah yang terbaik," ujar Anas dalam akun twitternya.

Dalam akun twitternya sebelumnya Anas juga menyinggung bahwa yang akan menjadi Kapolri adalah yang tidak melakukan safari. "Kapolri bukan figur politik, tetapi profesional yang tegak lurus loyalitasnya kepada negara."

Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Pramono Anung, melalui akun twitternya @pramonoanung menuliskan "Kapolrinya... Pernah menjadi Kapolwil Surabaya...." Selanjutnya, dia menuliskan, "Kapolda 2 kali di Sumatera... Dan... Sdh nunggu besuk saja...."

Pernyataan dua politisi itu menimbulkan teka-teki baru seputar calon Kapolri pengganti BHD. Bila mengacu pada pernyataan Anas Urbaningrum dan Pramono dalam akun twitternya tersebut, sosok Komjen Ito Sumardi lah yang pernah menduduki jabatan-jabatan yang disebutkan kedua politisi itu.

Ito tercatat pernah menjabat sebagai Kapolwiltabes Surabaya pada 2001-2003. Ito Sumardi juga pernah dua kali menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah di Sumatera yakni Kapolda Riau menggantikan Brigjen Pol S Damanhuri pada Desember 2005 hingga akhir 2006 dan Kapolda Sumatera Selatan pada tahun 2006 hingga tahun 2008.

Bandara di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), tergenang banjir 17/4

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Banjir bandang yang merendam Dubai, Uni Emirat Arab pada 16 April 2024, berdampak pada penerbangan beberapa maskapai menuju Bali.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024