Tabrakan Kereta, DPR Panggil Menhub Senin

Evakuasi KA Senja Utama di Petarukan, Pemalang
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah

VIVAnews - Komisi Bidang Perhubungan Dewan Perwakilan Rakyat akan memanggil Menteri Perhubungan Freddy Numberi pada Senin 4 Oktober 2010. Pemanggilan ini terkait terjadinya dua kecelakaan kereta api yang hampir berbarengan di Pemalang dan Solo, Jawa Tengah.

Hal ini disampaikan Anggota DPR Agus Bastian saat berkunjung ke Stasiun Purwosari, Solo, Sabtu 2 Oktober. "Kami akan melakukan rapat dengan Menhub Senin depan," katanya.

Agus melakukan kunjungan untuk mengklarifikasi penyebab terjadinya kecelakaan KA Gaya Baru yang tersambar KA Bima di stasiun itu. Hasil kunjungan itu menunjukkan bahwa penyebab terjadinya kecelakaan kemungkinan karena faktor kelalaian petugas PT Kereta Api.

Ia mengungkapkan, di Stasiun Purwosari tidak dilengkapi dengan rambu pemberhentian lokomotif. Ketika KA Gaya Baru masuk ke perlintasan pemberhentian stasiun, petugas PT KA tidak mengetahui jika gerbong paling belakang masih berhenti di persimpangan jalur.

Biasanya rambu batas pemberhentian kereta itu di pasang di depan dan belakang perlintasan, dengan panjang lintasan sampai 12 loko. "Tapi di depan sana tidak ada rambu," katanya. Atas penemuan ini, selanjutnya akan dibawa dalam rapat Senin depan.

Berantas Judi Online, Tanggung Jawab Siapa?

Laporan: Fajar Sodik l Solo

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Firman Soebagyo

Golkar Merasa Wajar jika Dapat 5 Kursi Menteri dalam Kabinet Prabowo-Gibran

Keinginan Partai Golkar mendapat jatah lima kursi dalam kabinet Prabowo-Gibran diklaim wajar. Sebab Golkar parpol yang mengusung cawapres Gibran Rakabuming Raka. 

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024