SBY Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila

Presiden SBY Tinjau Simulasi Penanggulangan Bencana
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Jumat, 1 Oktober 2010, pukul 08.00 ini. Upacara ini dilangsungkan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Dalam upacara yang akan diinstrukturi langsung oleh Presiden ini, hadir jajaran kabinet, Kepala Polri, Panglima TNI dan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah.

Hari Kesaktian Pancasila adalah agenda rutin Kepala Negara sejak Soeharto menjadi Presiden. Upacara ini kontroversial karena sejarawan Asvi Warman Adam menyatakan, tak ada dasar hukum pelaksanaannya.

Upacara ini berkaitan dengan peristiwa 30 September 1965, ketika sejumlah jenderal diculik dan dibawa ke lokasi upacara digelar. Pemerintahan Orde Baru kemudian memperingati kematian jenderal-jenderal itu pada keesokan harinya sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Selain itu, pemerintah juga membangun diorama yang menggambarkan penyiksaan yang dialami para jenderal.

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya
Bek Timnas Indonesia U-23 Pratama Arhan

Lengkap! Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 Qatar

Timnas Indonesia U-23 akan tampil di ajang Piala Asia U 23 2024 yang digelar di Qatar. Ajang ini berlangsung pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024