SBY: Tidak Benar Calon Kapolri Kerabat Saya

Presiden SBY pidato soal kasus Century dan Bibit-Chandra
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membantah isu yang beredar seputar pemilihan Kepala Polri menggantikan Jenderal Bambang Hendarso Danuri. Beredar kabar bahwa salah satu calon, Komisaris Jenderal Polisi Imam Sudjarwo adalah kerabat besan SBY, Aulia Pohan.

"Isu yang menyebutkan salah satu calon kerabat atau famili keluarga saya itu tidak benar," tegas Presiden SBY di kantor Presiden, Rabu 29 September 2010. " Tidak ada hubungan famili apapun dan hubungan seperti itu."

Presiden juga menegaskan bahwa rumor seperti ini menyesatkan sehingga dia meminta agar masalah Polri, kejaksaan, TNI tidak ditarik-tarik ke ranah politik. "Karena mengganggu sistem," kata SBY.

Dia meminta semua pihak menempatkan setiap lembaga negara pada tempatnya sesuai tatanan yang benar dan etika politik organisasi. "Itu (politisasi) mengkhianati reformasi kita."

Presiden juga memberikan apresiasi kepada DPR yang telah menyetujui Panglima TNI baru sehingga bisa langsung dilantik. Khusus untuk calon kapolri, dia akan menyerahkan nama calon ke DPR, awal bulan mendatang.

Seperti halnya TNI, kata dia, kapolri baru pun akan menempuh cara yang sama. "Kapolri (Bambang Hendarso) telah mengirimkan sejumlah nama calon pengganti. Kompolnas (Komisi Kepolisian Nasional) juga telah mengirimkan nama untuk bahan pertimbangan saya," kata dia.

Dia minta semua pihak menerima siapapun yang nanti terpilih. Dia mengaku tengah menggodok calon yang dinilai tepat untuk diserahkan ke DPR. (umi)

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024