Bandung Air Show

Penonton Terpana Aksi Hawk 100 dan 200

Bandung Air Show 2010 (DHR | Bandung)
Sumber :

VIVAnews - Bandung Air Show mulai hari ini resmi digelar. Ribuan pengunjung langsung menyerbu penyelenggaraandi  hari pertama acara ini.

Bandung Air Show dibuka bersama secara resmi oleh KSAU Marsekal TNI Imam Sufaat, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Pangdam III Siliwangi Mayjewnd TNI Pramono Edhi Wibowo, Wali Kota Bandung, Dada Rosada, dan Kapolda Jabar Sutarman, di Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Kamis 23 September 2010.

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Imam Sufaat mengatakan Kota Bandung sebagai salah satu Kota tujuan wisata, yang memiliki banyak potensi.

"Melalui Bandung Air Show (BAS) dan Creative Expo, segala hal yang menjadi potensi dan kemajuan Bandung dapat terekspos sehingga mendorong pertumbuhan perekonomian, dan Pariwisata," ujarnya.

Selain itu, melalui adanya BAS, diharapkan mampu menjadi wadah pengembangan potensi dirgantara, sebagai kekuatan pertahanan negara. "Mudah-mudahan bisa menjadi even tahunan yang bermakna education, science, sport, tourism, dan industri," paparnya.

Para penonton yang hadir, dibuat terpukau dengan aksi pertama saat dua pesawat tempur jenis 'Hawk' 100 dan 200 melakukan 'High Speed Fast', dan 'Touch and Go'. Kedua pesawat yang dikemudikan oleh Kapt Pnb Adi Brata dan Lettu Pnb Binggi Nobe yang mengendalikan Hawk 100 berwarna hijau dan, serta Letkol Pnb, Tjacahya Elang M yang mengendalikan Hawk warna biru.

Menurut salah seorang penerbang, Lettu Pnb Bowo, Pesawat Hawk merupakan pesawat spesialis tempur terbaru yang lebih canggih dari F-16. "Pesawat ini mampu menampung tiga ton amunisi, dengan kecepatan 400 knot, atau sekitar 800 Kilometer perjam, bahkan bisa mencapai kecepatan maksimal 1400 Km perjam," bebernya.

Tidak hanya itu, dua pesawat lainnya yakni dua pesawat jenis Cessna 172 mampu mengundang decak kagum para penonton dengan aksi akrobatiknya.

Menjelang siang hari, para penonton lagi-lagi dibuat terpukau dengan adanya aksi para penerjun payung yang dilakukan oleh para penerjun dari Paskhas TNI AU, Polri, Kopasus, dan yang lainnya. (umi)


Laporan: DHR | Bandung

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali
VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Serah terima baru saja dilaksanakan di lapangan Sadelor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024