Polri Tepis Anggota Brimob Terkait CIMB Niaga

Teroris Di Medan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Mabes Polri mendalami penyerangan Kepolisian Sektor Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara yang terjadi Rabu dinihari. Mabes Polri menepis adanya aksi balas dendam pada penyerangan ini.

Informasi yang diperoleh VIVAnews, salah satu anggota Brimob berinisial A terlibat dalam perampokan Bank CIMB Niaga Medan, 18 Agustus lalu. Namun, hal ini ditepis Kabid Penum Mabes Polri Kombes Pol Marwoto Soeto.

"Tidak ada anggota Brimob yang terlibat. Jadi, ini pun bukan aksi balas dendam dari penggerebakan perampok bank (Minggu 12 September 2010)," kata Marwoto saat dihubungi VIVAnews, Rabu 22 September 2010.

Dia menjelaskan saat ini penyidikan terus dilakukan dengan pendalaman barang bukti dan keterangan saksi. Tapi Marwoto menduga pelaku penyerangan kantor Polsek Hamparan Perak adalah pelaku perampokan.

Jika indikasi balas dendam tak ada, kenapa mereka menyerang? "Kemungkinan mereka bingung dan terganggu saja (dengan penggerebakan). Mereka tak tahu mau apakan senjata mereka itu."

Hal ini, kata dia, dikuatkan dengan jenis senjata yang digunakan menyerang kantor Polsek mirip dengan senjata-senjata yang digunakan saat perampokan CIMB Niaga.

Marwoto mengakui gerombolan ini terorganisir. "Dan senjata yang mereka miliki canggih benar," kata dia.

Untuk menangani kasus ini, kepolisian akan memecah kasus menjadi dua. Pertama pencurian dengan kekerasan yaitu perampokan Bank CIMB. Kasus ini akan ditangani Polda Sumatera Utara.

"Kedua kekerasan yang mengarah terorisme. Ini ditangani Mabes Polri," tambah Marwoto.

Sekitar 15 pelaku bertopeng dan menenteng senjata api menyerbu masuk Polsek Hamparan Perak, Rabu dinihari. Sebelumnya, mereka sempat mengusir warga di sekitar Polsek.

Tiga korban tewas dalam penyerangan Bripka Riswandi, Aipda Deto Sutejo dan Aiptu B Sinulingga adalah petugas piket yang sedang berjaga. Sementara personel lainnya sedang patroli.  "Riswandi dan Deto tewas di tempat. Sinulingga tewas dalam perjalanan ke RSUD." (umi)

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

Laporan: PRB | Medan

Pesawat tempur Rusia

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Serangan Rusia terhadap Ukraina pada Jumat, 19 April 2024, dini hari menewaskan sedikitnya sembilan orang, termasuk tiga anak-anak. Kyiv mengatakan pihaknya menembak jatu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024