Ramadan di Negeri Swiss

Masyarakat Indonesia di Jenewa, Swiss, saat berbuka puasa
Sumber :
  • VIVAnews/Dokumentasi PTRI Jenewa

VIVAnews - Seperti halnya para perantau di mancanegara, komunitas umat Muslim Indonesia di Swiss menjalani ibadah puasa  dengan kumpul bersama. Di negara yang mayoritas penduduknya non Muslim, bulan suci Ramadan mempertemukan umat asal Indonesia untuk berkumpul, beribadah, sekaligus menggalang amal.

Kebersamaan itulah yang ingin ditonjolkan kantor Perwakilan Tetap Republik Indonesia di Jenewa, Swiss. Setiap Ramadan, PTRI Jenewa selalu memfasilitasi kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, baik yang bersifat keagamaan, kesenian, olahraga dan sebagainya.

"Peningkatan keimanan dan tali silaturahmi yang erat antar lapisan masyarakat diharapkan dapat memperkuat sinergi dan meningkatkan etos kerja dalam mendukung pelaksanaan tugas diplomasi Indonesia di Jenewa," kata Dian Triansyah Djani, Duta Besar RI untuk PBB dan organisasi-organisasi internasional yang berkedudukan di Jenewa.

Dalam bulan suci yang penuh dengan berkah dan ampunan ini, PTRI Jenewa melaksanakan acara “Ramadan di PTRI,” yang diisi berbagai kegiatan yang bermakna bagi peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan.

Program ini terdiri dari serangkaian kegiatan yang mencakup Ibadah Tarwih secara berjamaah, Pengajian Dharma Wanita; Pengajian Anak- Anak, Buka Puasa Bersama dengan seluruh warga masyarakat Indonesia di Jenewa dan sekitarnya, Ceramah Ramadhan, Pelatihan Zakat, Peringatan Nuzulul Qur’ an dan I’tikaf. 

Rangkaian kegiatan “Ramadan di PTRI” dipandu oleh Ustadz Saiful Bahri dari Kairo, Mesir dan difasilitasi PTRI dan Kelompok Pengajian Islam (KPI) di Jenewa.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

“Ramadan di PTRI” mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat Islam di Jenewa, wakil  Perutap asing, staf berbagai organisasi internasional di Jenewa dan warga Islam setempat, yang tercermin dari keikutsertaan yang aktif di berbagai kegiatan. Selama Ramadan, KPI juga memfasilitasi pengumpulan zakat, Infaq dan Shodaqoh untuk disampaikan kepada yang berhak di tanah air.         

“Ramadan di PTRI” juga dimaksudkan mengisi bulan suci Ramadhan dengan berbagai kegiatan untuk meningkatkan dan memperdalam pemahaman mengenai Islam, meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan, serta mempererat tali silaturahmi antara PTRI Jenewa dengan seluruh lapisan masyarakat di Jenewa.

“Tidak kalah penting adalah bagaimana melakukan syiar Islam dan menampilkan wajah Islam yang kontekstual dan menjadikan Islam sebagai agama yang Rahmatan Lil a’lamin,” kata Djani dalam berbagai pertemuan dengan warga Indonesia selama mengikuti kegiatan Ramadan.

Salah satu kawasan belanja di Kota Perth Australia

Jelajahi Perth Tanpa Menguras Kantong: Panduan Liburan Hemat dan Penuh Keseruan

Perth, ibukota Australia, bisa kasih experience yang berbeda, terlebih kamu bisa liburan dengan budget yang ramah di kantong.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024