Kapolri Bantah Tutup-tutupi Calon Pengganti

Kapolri, Bambang Hendarso Danuri
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews - Kepala Kepolisian RI Jenderal Bambang Hendarso Danuri sudah mengantungi dua nama calon penggantinya. Namun, hingga kini siapa mereka belum juga diumumkan ke publik. Meski demikian, Bambang Hendarso mengatakan tak ada yang ditutup-tutupi dalam proses pengajuan calon Kapolri ini.

"Begini, kami sudah punya sistem. Tidak ada yang ditutup-tutupi," kata Bambang di Lapangan Bhayangkari, Jakarta, Rabu, 8 September 2010.

Menurut dia, pada saatnya nanti nama-nama calon akan diumumkan ke publik. "Pada waktunya akan terbuka. Begitu sudah dikirim ke Presiden, nanti Presiden yang akan menentukan. Itu kan terbuka, siapa calon yang maju sampai dengan fit and proper test. Terbuka, nggak ada yang tertutup," katanya.

Bambang Hendarso mengatakan tetap akan mengajukan dua nama calon kepada Presiden. "Saya akan ajukan dua nama," ia memastikan.

Sebelumnya, kepada Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Komisi Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) meminta kejelasan siapa saja nama calon Kapolri yang akan diajukan. Kontras mempertanyakan proses dan mekanisme calon Kapolri dinilai tak jelas dan begitu tertutup.

Wakil Kordinator Kontras, Indria Fernida, mengatakan, ketidakjelasan diawali pengiriman delapan nama calon ke Kompolnas. Dari situ, lalu muncul tiga nama, dan belakangan mengkerut kembali menjadi dua.

Saat ini beredar luas tiga nama yang disebut-sebut sebagai calon kuat. Mereka adalah Komisaris Jenderal Polisi Nanan Soekarna, Inspektur Jenderal Polisi Imam Soedjarwo, dan Inspektur Jenderal Polisi Timur Pradopo. (kd)

Warga Binaan Rutan Tangerang Ditemukan Tewas Gantung Diri
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana

Sepekan Terjadi 30 Bencana Besar di Jateng, Pj Gubernur: Percepat Penutupan Tanggul

Rentetan bencana banjir besar terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari di wilayah Jateng. Sungai meluap hingga membuat tanggul jebol

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024