Pemudik dari Bali ke Jawa Membludak

Mudik Lebaran: Pelabuhan Gilimanuk, Bali
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana

VIVAnews - Jumlah pemudik yang menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali, menuju Ketapang, Jawa Timur, melonjak. Pemudik yang mengunakan kendaraan sepeda motor juga meningkat pesat.

Data per 8 September 2010 dari pukul 00.00 hingga 08.00 pagi tadi menunjukan bahwa  pemudik pejalan kaki dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Ketapang mencapai 15.604 orang. Lonjakan ini sangat tinggi bila dibandingkan hari biasa yang hanya 1.000 orang perhari.

Sedangkan jumlah sepeda motor yang menyeberang mencapai 3.882 unit. Padahal, pada hari biasa jumlah sepeda motor yang menyeberang dari Pulau Dewata hanya sekitar 1.000 unit perhari.

Kendaraan pribadi, bus, dan truk mencapai 1.591 unit per delapan jam, sedangkan hari biasa hanya 1.100 unit per hari. Melayani membludaknya penumpang, ASDP telah mengerahkan 26 kapal ferry jenis roro.

"Jumlah total penumpang mencapai 32.257 orang," kata humas PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Intan kepada VIVAnews, Rabu 8 September 2010.

Peningkatan juga terjadi dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menuju Merak, Banten. Sebanyak 10.865 orang menyeberang ke Merak dari Lampung. Jumlah ini lebih besar dari mereka yang menuju Lampung pagi tadi.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini
Ditlantas Polda Aceh membagikan takjil dan beras kepada pengendara

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

Ditlantas Polda Aceh bersama Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) membagikan takjil dan paket beras ke pengendara motor dan becak.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024