Pemudik Bisa Pesan Tiket Ekonomi Jauh Hari

Senen Mulai Dipadati Pemudik
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - PT Kereta Api Indonesia (KAI) tengah menggodok rencana pengelolaan tiket ekonomi. Ke depan tiket kereta ekonomi bisa dipesan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan.
 
Direktur Komersial PT KAI Wimbo Harjito mengatakan pengelolaan tiket ekonomi secara baik bertujuan untuk meningkatkan pelayanan PT Kereta Api ke masyarakat. "Model selama ini yang langsung pesan di hari 'H' keberangkatan membuat penumpukan penumpang di stasiun," kata Wimbo di Stasiun Gambir, Minggu 5 September 2010.
 
Terlebih pada musim mudik sekarang, kata Wimbo, adalah masa puncak penumpang ekonomi bertumpuk di mana banyak diantara sudah antre tapi akhirnya berangkat tanpa tiket tempat duduk.
 
"Ini kan kasihan. Makanya kami upayakan agar penumpang di Stasiun Senin bisa membeli tiket jauh-jauh hari agar tidak terjadi penumpukan penumpang," kata Wimbo.
 
Ia mencontohkan pelayanan tiket yang bagus di Stasiun Gambir yang jarang sekali ada penumpukan penumpang. Hal ini dikarenakan baiknya sistem pesan tiket sehingga penumpang hanya perlu datang ke stasiun 30 menit sebelum keberangkatan.
 
Sementara itu, Kepala Humas DAOPS I Mateta Rizalul Haq mengatakan pada musim lebaran kali ini penumpang kereta api secara keseluruhan jumlahnya meningkat. "Jumlahnya antara 30 persenan," ujar Mateta.
 
Dia menambahkan pihaknya menambah 1-3 gerbong kereta api. "Kalau normalnya 198 perjalanan seluruhnya Indonesia, pada musim lebaran seperti ini ada tambahan 28-30 perjalanan dalam sehari," ujar dia.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU
Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024