Sinabung Meletus Lagi, Jalur Penerbangan Aman

Aktivitas Gunung Sinabung
Sumber :
  • Antara/Irsan Mulyadi

VIVAnews - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, menyatakan meletusnya kembali Gunung Sinabung pagi tadi pukul 04.30 WIB, Jumat, 3 September 2010, tidak berdampak pada jalur penerbangan Sumatera.

Meski memiliki daya letus terkuat sejak gunung ini pertama kali meletup pada 29 Agustus 2010 lalu, Surono memastikan hal itu tak akan mengganggu pesawat yang melintas.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

"Asap itu hingga saat ini tidak akan mengganggu (penerbangan). Aman untuk jalur penerbangan di Sumatera, sehingga masyarakat tak perlu khawatir bila akan melakukan perjalanan," ujar Surono kepada VIVAnews.com.

Namun, Surono menyerahkan sepenuhnya kepada pihak maskapai maupun otoritas penerbangan bila ingin menghentikan sementara jalur penerbangan selama ada aktivitas Gunung Sinabung.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Hal senada dinyatakan General Manager PT Angkasa Pura (AP) II Bandara Polonia Medan, Bram Bharoto Tjiptadi. Menurutnya tidak akan ada gangguan pandangan saat pesawat melewati Gunung Sinabung. Hanya saja, pilot harus menghitung risiko abu vulkanik dari semburan Gunung Sinabung masuk ke dalam mesin.

Penerbangan yang melewati Gunung Sinabung hanyalah rute Medan-Sibolga. "Hanya penerbangan itu saja yang melewati Gunung Sinabung," kata Bram. Untuk rute lain tak masalah. Jalur Medan-Jakarta atau kota-kota lainnya tidak melintasi Gunung Sinabung. (kd)

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024