NASIONAL

Kekuatan Tempur Udara RI Versus Malaysia

Dari segi kemampuan mengendalikan pesawat tempur, pilot Indonesia unggul dari Malaysia.

ddd
Rabu, 1 September 2010, 08:48
Pesawat tempur F-16
Pesawat tempur F-16 (AP Photo)

VIVAnews - TNI Angkatan Udara tidak pernah khawatir dengan kekuatan tempur udara yang dimiliki Angkatan Bersenjata Malaysia. Indonesia memiliki keunggulan pesawat tempurnya saat ini.

"Kalau kekuatan saya kira sama lah yah, bahkan kita lebih unggul sedikit," kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Imam Sufaat menjawab pertanyaan VIVAnews.

Dari segi kemampuan pilot pesawat tempur, kemampuan pilot Indonesia lebih dari Malaysia. Contoh saja, saat diadakan latihan bersama Malaysia, kemampuan menembak pilot TNI AU selalu tepat sasaran, sementara Malaysia melenceng.

Ini kelihatan jelas, bahwa kemampuan pilot TNI AU melebihi pilot tentara Malaysia. "Beberapa kali kita latihan di Malindo (Malaysia-Indonesia) Pilot kita targetnya selalu hancur, mereka ada yang miss," terang Kasau.

Sedangkan untuk kepemilikan pesawat tempur, ada kelebihan dan kekurangannya. Seperti pesawat Sukhoi buatan Rusia, Indonesia baru punya 7 menuju 10 pesawat, sedangkan Malaysia sudah menuju 18 pesawat.

"Tapi kalau F-16 kita punya, sedangkan Malaysia tidak punya sama sekali," ujar Kasau.

Bahkan, untuk kemampuan aerobatik pun, Indonesia banyak memiliki pilot yang handal di strategi itu, sedangkan Malaysia tidak.

"Jadi tidak perlu dikhawatirkan, baik dari segi kemampuan tentaranya maupun pesawat-pesawatnya," tuturnya.

Sementara merujuk pada buku berjudul "Pertahanan Negara dan Postur TNI Ideal" karya pengamat militer Universitas Indonesia, Connie Rakahundi Bakrie.

Buku ini diluncurkan istri Mantan Pangkostrad Letjen TNI (Purn) Djaja Suparman pada 2007 lalu, memuat antara lain perbandingan alutsista TNI dengan negara dunia dan utamanya di Asia Tenggara.

Perbandingan Persenjataan:
 

Secara umum untuk total pesawat tempur TNI-AU berjumlah 247 unit, RSAF (Angkatan Udara) Singapura 153 unit. Meski lebih banyak namun 53 persen pesawat tempur TNI-AU itu dikategorikan fighter dibandingkan milik Singapura.

Di Asia Tenggara, Indonesia terbanyak dimana posisi kedua Vietnam 204 unit pesawat fighter dan Thailand (posisi keempat) 87 unit pesawat.

Malaysia tidak disebutkan namun yang jelas di bawah dari keempat negara yang disebutkan di atas. Jenis pesawat fighter TNI-AU terdiri atas F-5, F-16, Sukhoi, Su-30, dan 2 unit Su-27, F-5, dan berbagai jenis lainnya.

Untuk helikopter yang dimiliki TNI-AU hanya 38 unit terdiri atas dua jenis Assault dan Transport (tipe NAS-332L Super Puma serta NAS-330 Puma). Di Asia Tenggara, jumlah terbanyak helikopter dimiliki Singapura 110 unit, lalu AU Filipina 80 unit. Indonesia berada di peringkat ketujuh dari 10 negara Asia Tenggara. Malaysia tidak disebutkan apakah dibawah Indonesia atau diatasnya. (hs)

Baca Juga

Mengapa Perlu Tidur Setelah Sahur
Robinho Lengkapi Kuartet Striker Milan
TNI AU: Malaysia Sering Melanggar di Udara
Ekonom: TKI Dipulangkan, Malaysia Tercekik
iPhone VS Android Siapa Menang

Wanita Asia Paling Seksi Sejagat



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
dulkamid
30/12/2011
Ya pesawat mah, canggihan mereka. Tapi yang jelas, pilotnya lebih cerdas pilot kita. Pilot mereka pasti rada-rada jongkok iq nya.
Balas   • Laporkan
acun
31/05/2011
TNI kita memang punya kemampuan yg luar biasa sobat bahkan negara2 di dunia mengakui TNI kita peringkat 3 terbaik dunia,pemimpin kita aja yang takut ambil resiko krisis akibat perang. Padahal menurut aq kita sepakat ya? krisis demi martabat bangsa.
Balas   • Laporkan
ilham
29/11/2010
sudah saat nya garuda kepak kan sayap mu dan terbang tinggi kalau kita tidak tegas harga diri NKRI akan jatuh dan malaysia akan tau kalau kita itu takut.itu jika dia langgar lagibatas laut NKRI gertak aja dia dengan tembak aja kapalnya,beri peringatan
Balas   • Laporkan
IYAN
08/11/2010
HALLO INDONESIASKU,JNGN LPKAN JATI DIRI KITA.AJARI NGR LAIN TNTANG ARTI KEJANTANAN
Balas   • Laporkan
ajuz
15/10/2010
malaysia adalah negara tanpa harga diri
Balas   • Laporkan
awente iban
09/09/2010
kalau kita memang lebih unggul dari malaysia..kenapa kita ga berani bersikap tegas dengan malaysia...................??????????????
Balas   • Laporkan
fikri
07/09/2010
kalo gitu tempur aja... hehe.... becanda....
Balas   • Laporkan
rhidyha junior
05/09/2010
NKRI harga mati..........
Balas   • Laporkan
amatar494
04/09/2010
kami diKalimantan Barat khususnya daerah perbatasan adlh sasaran tembak altileri malaysia...bukannya takut, tapi jika emg hrs perang, sewajrnya drah ne tumph demi kdaultan RI, dripda hdup mnanggung hina n diacungi jari tngah trousss!!!
Balas   • Laporkan
cliff
04/09/2010
buktikan indonesia .. kalo perlu minta F-22 Raptor sama Obama ...
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com