NASIONAL

Foto-foto Dasyatnya Letusan Gunung Sinabung

Dalam satu peta, terlihat bahwa letak gunung ini tak jauh dari patahan aktif Sumatera.
Senin, 30 Agustus 2010
Oleh : Ita Lismawati F. Malau
Gunung Sinabung meletus

VIVAnews - Setelah terlelap 400 tahun, Gunung Sinabung 'batuk-batuk' sejak Sabtu 28 Agustus lalu. Asap hitam dan debu vulkanik pun dimuntahkan gunung tertinggi di Sumatera Utara ini.

Dalam foto terlihat asap bercampur debu begitu tebal dan berwarna kehitaman keluar dari bibir kawah gunung dengan ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut itu. Untuk melihat galeri foto letusan Gunung Sinabung, klik di sini.

Sinabung yang dikategorikan gunung kategori B itu ternyata menyimpan ancaman besar di dalam perutnya. Inilah yang menyebabkan mereka yang tinggal di dekat gunung kategori B di sejumlah wilayah Indonesia, juga ikut cemas.

Sejumlah ahli sebelumnya sudah menyebutkan bahaya di sekitar Sinabung itu. Gunung yang terbentuk sesudah letusan Gunung Toba, yang  membentuk kaldera danau toba itu, tak begitu jauh letaknya dari patahan aktif Sumatera. Foto-foto satelit jelas memperlihatkan dekatnya patahan dengan posisi Sinabung.

Sekitar 26 ribu warga yang tinggal di kaki gunung terpaksa mengungsi ke Brastagi dan Kaban Jahe. Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan iritasi mata menjadi penyakit yang umum di derita para pengungsi.

Baca Juga

Wawancara Anwar Ibrahim
"Indonesia Anggap Elit Malaysia Arogan

Warga Malaysia Curhat Soal Indonesia

Singapura & Malaysia Terancam Sinabung

Dagang Indonesia-Malaysia, Siapa Untung?

Berbuka Puasa di 'Langit'

Luna Maya Diizinkan Berlebaran Bareng Ariel

Ini Foto Terbaru Bangkai Kapal Titanic

 

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found