Luas RI Tambah 4.209 KM Persegi di Aceh Barat

Peta penambahan wilayah RI di Aceh Barat
Sumber :
  • Bakosurtanal

VIVAnews - Indonesia memastikan diri menambah luas wilayahnya hingga seluas 4.209 kilometer persegi. Luas wilayah baru yang bertambah itu berada di bagian Barat Aceh.

"Ini adalah prestasi besar bangsa Indonesia dan patut dibanggakan," tulis ketereangan resmi Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) yang diterima VIVAnews, Senin 30 Agustus 2010.

Disebutkan, tepat pada tanggal 17 Agustus 2010 jam 12.45 Waktu New York, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), melalui Komisi Batas Landas Kontinen atau Commission on the Limits of the Continental Shelf (CLCS), dapat menerima submisi Indonesia.

"Penerimaan itu atas hak kedaulatan Indonesia di dasar laut di wilayah di luar 200 mil laut (NM)," tulis Bakosurtanal. Wilayah baru yang menjadi bagian yurisdiksi Indonesia adalah di bagian Barat Aceh seluas kurang-lebih 4.209 kilometer persegi.

Submisi wilayah di luar 200 mil laut (Extended Continental Shelf-ECS) ini berhak dilakukan Indonesia sebagai negara yang berpihak terhadap UNCLOS (Konvensi Hukum Laut Internasional). Indonesia telah meratifikasi UNCLOS 1982 melalui UU No. 17 tahun 1985.

Sebagai negara pantai sesuai ketentuan Pasal 76 UNCLOS 1982, Indonesia telah menggunakan haknya dengan baik untuk mensubmisi landas kontinen di luar 200 mil laut. 

Untuk mendukung keperluan submisi itu, data ilmiah survei dan pemetaan telah dibina Indonesia sejak tahun 2003 yang dikoordinasikan beberapa instansi.

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

Mereka yang terlibat dalam survei dan pemetaan yakni, Bakosurtanal, BPPT, Kementerian ESDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, LIPI, Dinas Hidrografi TNI AL, dan Kementerian Luar Negeri. (umi)

Syahrini

Syahrini Diduga Hamil, Sudah Masuk Usia 7 Bulan

Awalnya admin akun gosip tersebut menyoroti perbedaan foto yang tiap kali diunggah Syahrini dengan foto paparazi yang didapatkan netizen itu.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024