Menteri Muhaimin Tetap Kirim TKI ke Malaysia

Pemulangan TKI Bermasalah : Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

SURABAYA POST - Hubungan Pemerintah Indonesia dengan Malaysia yang kian memburuk dipastikan tidak akan mengganggu program pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menegaskan, akan serius dalam menangani permasalahan TKI serta memberikan perlindungan hukum melalui atase Ketenaga Kerja di Kedubes RI terhadap TKI yang tersandung masalah.

"Meski hubungan Indonesia dengan Malaysia tidak harmonis, tetapi kerjasama soal ketenagakerjaan dan investasi tetap berjalan. Bahkan Perdana Menteri Malaysia dan Presiden SBY menganggap permasalahan itu sudah tidak perlu lagi dikonfrontasikan," jelas Muhaimin di sela-sela melihat bazar UKM didampingi Bupati Sampang Noer Tjahja.

Menurut dia, berbagai kasus yang terjadi akhir-akhir ini, seperti penangkapan tiga petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) oleh polisi Malaysia dan sengketa perbatasan, tetap tidak boleh dikaitkan dengan hubungan bilateral.

Dia menambahkan, terkait TKI yang terancam eksekusi mati karena terlibat sejumlah kasus berat, seperti narkoba dan kriminal, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Menkopolhukam maupun Menteri Luar Negeri untuk membentuk tim advokasi dan bantuan hukum. Termasuk 500 ribu TKI yang tak memiliki identitas resmi. Jumlah TKI di Malaysia mencapai 2,2 juta.

Dalam kunjungannya ke Sampang dan Madura, Muhaimin menyerahkan bantuan program kerja sama ketenagakerjaan kepada dua Pemkab itu senilai Rp3,78 miliar. Masing-masing Pemkab mendapatkan bantuan Rp1,9 miliar bagi 24 paket kegiatan.

Paket yang dimaksud meliputi program kewirausahaan 4 paket, peralatan pelatihan 4 paket, bantuan teknologi tepat sasaran 12 paket, serta program padat karya instruktur serta pemberian santunan TKI dan pembayaran santunan dari Jamsostek.

Setelah acara di Sampang, Muhaimin yang juga ketua umum DPP PKB itu meletakkan batu pertama pembangunan kantor Sekretariat DPC PKB Sampang. Acara dilanjutkan silaturahmi dengan para ulama dari empat kabupaten di Madura di pondok pesantren Miftahul Ulum, Kecamatan Karangpenang.

Di pesantren asuhan Kiai Zaini Saleh ini, Muhaimin berbuka puasa bersama para ulama dari empat kabupaten di Madura dan santri di pondok itu.

Achmad Hairuddin

Heru Budi Didesak Segera Bangun Proyek Pengelolaan Sampah Sunter yang Mangkrak 5 Tahun
Ilustrasi menabung.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Sebagai generasi penerus bangsa dengan akses yang luas terhadap produk dan layanan keuangan, anak muda seharusnya bisa lebih bijak merencanakan serta mengelola keuangan. 

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024