NASIONAL

Ratusan TKI Akan Dikirim ke Amerika Serikat

Mereka akan digaji US$8,85 per jam, dengan lama kerja delapan jam per hari.

ddd
Senin, 30 Agustus 2010, 11:15
Jumhur Hidayat menyalami TKI
Jumhur Hidayat menyalami TKI (Antara/ Benny S Butarbutar)

VIVAnews - Pemerintah akan memberangkatkan 500 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Amerika Serikat. Nantinya, TKI akan ditempatkan di sejumlah perkebunan di Negeri Paman Sam itu. 

Ketua Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Jumhur Hidayat mengatakan, permintaan tenaga kerja oleh Amerika itu sudah ada di pemerintah, sehingga sejumlah daerah diminta mempersiapkan Sumber Daya Manusianya.

"Perintah kerjanya sudah ada, kita sudah siapkan TKI dari NTB untuk diberangkatkan ke Amerika," kata Jumhur, Senin 30 Agustus 2010.

Mereka akan digaji US$ 8,85 per jam, dengan lama kerja delapan jam per hari   selama lima hari per minggu. Para TKI yang akan ditempatkan di asrama ini juga mendapat perlindungan asuransi kesehatan.

Selain ke Amerika Serikat, negara lain yang juga tengah dipersiapkan adalah ke Timur Tengah. Para TKI ini akan dipekerjakan sebagai tenaga perawat, yang kebutuhannya cukup tinggi.

"Kita akan berangkatkan mereka, jumlanya belum ditentukan hanya saja mereka butuh ribuan orang," ujar Jumhur. Diakuinya, selama ini, tenaga perawat di Timur Tengah di dominasi oleh Philipina.

Nusa Tenggara Barat adalah provinsi yang menjadi daerah penyalur Tenaga Kerja cukup besar terutama untuk Malaysia dan Negara Timur Tengah.

Tahun 2009 lalu sebanyak 53 ribu orang Tenaga Kerja asal NTB diberangkatkan ke Luar Negeri. Rata-rata tenaga kerja  tersebut bekerja di sektor perkebunan kelapa sawit dan sektor Rumah Tangga.

Laporan: Edy Gustan | Mataram



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
kukoh
01/01/2011
mau dong ini..BPN2TKI langsung apa ga ini ..entar banyak calok...
Balas   • Laporkan
umilya
20/09/2010
yap q setuju
Balas   • Laporkan
dody
13/09/2010
Kalo lewat BNP2TKI bisa dijamin gak tuh, bakal bebas calo... kan biasanya kalo ada proyek kaya gini para pjtki udah pada kasih setoran tuh ke BNP2TKI..ujung ujungnya mahal bgt. contoh G2G ke korea tahun kemarin yg resminya 10 jt an jatohnya jadi 30-40 jt
Balas   • Laporkan
agus
30/08/2010
bagus tuh.. ditunggu info slanjutnya, ini dari lumbung tki cilacap
Balas   • Laporkan
Leonardo Hutabarat
30/08/2010
Kalau bisa jangan kirim TKI ke Malaysia atau ke Arab Saudi lagi, karna sebagian besar para pahlawan devisa kita banyak mati konyol di sana, sekalian ngasi pelajaran buat Malaysia biar tidak meremehkan bangsa kita.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id