NASIONAL

Singapura & Malaysia Terancam Sinabung

Jika terjadi letusan besar, bukan hanya Sumatera yang terkena dampak, tapi juga tetangga

ddd
Senin, 30 Agustus 2010, 10:44
Gunung Sinabung
Gunung Sinabung (travelblog.org)

VIVAnews - Luapan lava panas Gunung Sinabung menjadi peristiwa penting bagi penelitian gunung aktif maupun gunung tidur di Indonesia. Tim ahli Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana mengungkapkan bahwa Gunung Sinabung telah membalik sejarah selama hampir 70 ribu tahun.

Salah satu analisis Tim adalah, Gunung Sinabung harus dipantau sangat serius karena lokasinya cukup dekat dengan lokasi padat penduduk, yaitu sekitar 50 kilometer dari Medan, dan ke Brastagi sekitar 12 kilometer. Jika terjadi letusan yang jauh lebih besar, bahaya bisa meluas.

"Mungkin bukan hanya Medan, tapi Kuala Lumpur dan Singapura pun bisa kalang kabut karena debu vulkanik bisa mengganggu lalu lintas penerbangan," kata Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana, Andi Arief, Senin 30 Agustus 2010.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Senin 30 Agustus 2010, Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief mengatakan bahwa ada empat lagi hasil analisis tim ahli yang dibentuk setelah terjadi luapan larva panas di Gunung Sinabung.

Pertama, dari penampakan bentang alam, seperti yang terlihat dalam peta/citraDigital Elevation Modelling dapat disimpulkan bahwa Gunung Sinabung adalah Anak Gunung yang paling besar dan aktif di komplek Gunung Toba raksasa yang pernah meletus luarbiasa dahsyatnya sekitar 70.000 tahun lalu. Letusan itu telah meninggalkan kaldera terbesar di muka bumi, yaitu kaldera Danau Toba.

Kedua, sinyalemen yang mengatakan Gunung Sinabung adalah Gunung yang dormant/tidur/tidak ada aktivitas selama ratusan tahun, secara ilmiah tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak memantau/meneliti gunung ini. Gunung itu selama ratusan tahun kelihatannya malah tidak tidur, melainkan giat mengumpulkan magma untuk dimuntahkan dalam letusan besar. Hal ini harus dibuktikan dengan penelitian geofisika bawah permukaan.

Ketiga, dari close-up peta DEM terlihat badan Gunung Sinabung yang mempunyai diameter 7 kilometer masih berupa kerucut tajam dan bentuknya masih seperti 'tumpeng'. Artinya, kalau diibaratkan bisul, memang belum pernah pecah, melainkan bisul yang sedang tumbuh.

Keempat, tidak ada hubungan langsung Gunung Sinabung dengan jalur gempa Patahan Sumatera. Lokasi gunung ini sekitar puluhan kilometer di Timur Patahan Sumatera seperti yang terlihat di peta.

"Yang perlu diwaspadai, segmen Patahan Sumatera yang berada persis di sebelah barat Gunung Sinabung ini sudah 200 tahunan tidak ada sejarah gempanya, padahal dari data geologi dan GPS segmen ini sangat aktif bergerak. Artinya, potensi gempa besar yang dapat terjadi sangat tinggi," kata Andi. "Apalagi menimbang bahwa seringkali antara aktivitas gunung api dan gempa suka saling sikut-sikutan."



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
petrska
06/09/2010
drpd kita sibuk dgn komentar mending nyumbang yuk buat ngeringanin warga gunung sinabung..malaysia yg hebat..pemerintah kita aja yang terlalu jg image..
Balas   • Laporkan
three
04/09/2010
bencana bukan peringatan atau azab allah swt melainkan tanda kebesaran-Nya karena peringatan bagi umat Muhammad saw adalah Al Qur'an . . .
Balas   • Laporkan
melda
03/09/2010
adek gue lg ditugasin disono dan sekarang berjalan menuju kaki sinabung,,,ya allah lindungilah adekqu,,,kumpulkan kami saat iedul fitri nanti,,,amiiinn,,dan redakanlah murkamu ya allah,,,
Balas   • Laporkan
dave
03/09/2010
istighfar bro, Allah Maha Tahu., jangan2 ntar kita sendiri yang di azab Nya.
Balas   • Laporkan
valkcry
03/09/2010
eh jgn asal ngomentarin or doain orang lo ... tar kualat lo malah lo yg diazab ama ALLAH memangnya lo semua mau .... istigfar bro .. bulan puasa nih
Balas   • Laporkan
Ani
02/09/2010
Mari bersama kita interospeksi diri, ingatlah sekarang bulan ramadhan, sebentar lagi lebaran hari dimana kita semua umat Islam seluruh dunia merayakan kemenangan setelah sebulan penuh melawan segala macam hawa nafsu kita. Mohon ampun yuk. Piece On Earth.
Balas   • Laporkan
jingklong
02/09/2010
Kalian ini ..... Malaysia cuma kena debu, Medan dan Brastagi yang tewas, komen kok ngawur.
Balas   • Laporkan
hans situngkir
31/08/2010
meletusnya gunung sinabung udh diprediksi beberapa tahun yg lalu, namun manusia tidak percaya...
Balas   • Laporkan
bejolu
31/08/2010
kalau abunya sampai malaysia batunya dah keburu ngancurin Indonesia. Mudah2an janganlah...
Balas   • Laporkan
Andi
30/08/2010
mudah2an aktivitas dimalaysia terhenti akibat sinabung...!!! ganyang malaysia sinabungggg....!!!!
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com