22 Titik Rawan Longsor Banjir di Jalur Mudik

Mudik Lebaran : Pelabuhan Merak, Banten
Sumber :
  • ANTARA/Vega

VIVAnews - Bagi anda yang hendak pulang ke kampung halaman untuk mewaspadai jalur-jalur rawan longsor dan banjir. Cuaca yang tidak menentu membuat beberapa kawasan di pulau Jawa rawan longsor dan banjir.

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah mengantisipasi beberapa titik rawan banjir dengan melakukan normalisasi sungai. Namun intensitas hujan yang diperkirakan terus mengguyur membuat beberapa tempat masih rawan banjir ringan.

"Sungai Blorong (Kendal, Jateng) sudah dinormalisasi sebagai antisipasi banjir. Pati-Juanda (Kudus) jalannya juga sudah ditinggikan," kata Wakil Menteri PU RI Kirmanto Dardak kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 27 Agustus 2010.

Kementrian PU mencatat terdapat 22 titik rawan longsor dan banjir yang patut diwaspadai oleh para pemudik di sepanjang pulau Jawa. Sedangkan untuk pasar tumpah, Kementrian PU mencatat terdapat 12 titik pasar tumpah yang ada di sepanjang jalur pantura Jawa Barat.

"Untuk pasar tumpah kami berkoordinasi dengan pemda setempat untuk mengatur pasar tumpah agar meminimalisir kemacetan," jelasnya.

Berikut 22 titik rawan longsor dan banjir yang dicatat oleh Kementrian PU:

1. Jawa Barat: Jonggol, Cipanas, Cianjur, Garut, Wanayasa, Wado, Kuningan, Ciamis.
2. Jawa Tengah: Ajibarang, Wangon, Banyumas, Banjarnegara, Magelang, Boyolali serta Patuk, Yogyakarta.
3. Jawa Timur: Mantingan, Trenggalek, Kediri, Lumajang, Probolinggo, Jember dan Ketapang.

12 titik pasar tumpah:
Cikampek, Sukamandi, Ciasem, Pusaka Negara, Sukra, Patrol, Eretan Wetan, Kandang Haur, Kertasmaya, Gubug, Mundu dan Gebang.

Pasar lain yang bisa menimbulkan kemacetan antara lain Bangkir, Karangampel, Celancang, Jamblang, minggu, Plered, Kue dan Losari. (hs)

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Laporan: Iwan Kurniawan

TVXQ Konser Perdana di Jakarta

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali

Kembali digelar dua personel TVXQ, U Know dan Changmin mengaku sangat bersemangat untuk kembali menyapa penggemar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024