Fadel Akui Kelemahan Penanganan Batas Negara

Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad menyatakan, Indonesia tidak hanya sering bersitegang dengan Malaysia soal tabal batas negara. Bahkan juga dengan negara lain seperti Vietnam, Cina, dan Thailand.

"Contoh waktu insiden dengan Thailand, kita malah menenggelamkan kapalnya, sehingga menimbulkan kehebohan di Thailand. Jadi memang sering terjadi," kata Fadel dalam diskusi Trijaya bertajuk 'Indonesia-Malaysia: Serumpun Tapi Tak Rukun' di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 21 Agustus 2010.

Selat Malaka, ujar Fadel, sering menjadi tempat terjadinya berbagai insiden laut karena perbatasan wilayah antarnegara di sana terlalu tipis.

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

Oleh karena itu, Fadel mengakui bahwa penanganan batas wilayah dan manajemen kelautan di Indonesia memang perlu diperbaiki, karena ada kelemahan. "Secepatnya perlu diperbaiki masalah batas wilayah negara ini," tuturnya.

Insiden laut di perairan Indonesia kembali terjadi setelah lima kapal Malaysia melakukan illegal fishing (penangkapan ikan secara ilegal) di dekat Tanjung Berakit, Pulau Bintan.

Patroli Pengawas Perikanan setempat kemudian menangkap tujuh nelayan Malaysia yang menangkap ikan di perairan Indonesia tanpa dokumen izin, dan mengawal mereka bersama kelima kapalnya ke pangkalan terdekat di Batam. Namun satu jam kemudian dalam perjalanan menuju Batam, terjadilan insiden serius.

Kapal Patroli besar milik Malaysia datang dan menghadang rombongan tersebut. Mereka meminta semua kapal dan nelayan Malaysia dilepaskan. Setelah adu argumen antara pihak Pengawas Perikanan Indonesia dan Kapten Kapal Patroli Malaysia, Kapal Patroli Malaysia justru memberikan tembakan peringatan dua kali.

Kapal Patroli Malaysia kemudian menggiring kelima kapal Malaysia tersebut kembali ke Johor Baru dengan tiga orang Pengawas Perikanan Indonesia di atas kapal tersebut.

Sementara ketujuh nelayan Malaysia yang melakukan illegal fishing diserahkan ke Polres Batam untuk menjalani proses penyidikan dibantu oleh Polda Kepulauan Riau.

Kini, ketiga Pengawas Perikanan Indonesia dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) itu telah dikembalikan ke Indonesia, sementara ketujuh nelayan Malaysia yang melakukan illegal fishing pun telah dipulangkan kembali ke Malaysia, setelah melalui proses barter.

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Tapi, baik Kementerian Luar Negeri maupun Kementerian Kelautan dan Perikanan membantah telah melakukan itu.

"Tidak ada barter. Kami melepaskan ketujuh nelayan pencuri ikan itu karena tidak ada bukti yang jelas. Jika orang-orang itu tidak dibebaskan pun akan membebani anggaran negara," jelas Fadel.

 Ilustrasi sedekah

Inspirasi Membantu Sesama

"Kami berharap kegiatan ini tak hanya menjadi sekadar acara, tetapi juga menjadi momentum untuk menginspirasi orang lain agar turut berpartisipasi dalam membantu sesama."

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024