Upacara HUT RI Dinihari Pertama di Indonesia

Upacara Tengah malam
Sumber :
  • u-report

VIVAnews - Upacara pertama peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-65 yang dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa dan puluhan Seniman jalanan tepat jam 02.00 WIB Selasa dinihari (17/8) berjalan hening dan khidmat.

Jika pada umumnya warga merayakan HUT RI dengan melakukan upacara pukul 10.00 WIB, maka Dompet Dhuafa kali ini menginisiasi sebuah ide unik, yakni mengadakan upacara pada dini hari.

Layaknya sebuah upacara normal, didalamnya ada pengibaran bendera, pembacaan naskah proklamasi, UUD 45 dan Pancasila. Tampil sebagai pembaca naskah proklamasi adalah artis muda berbakat Arumi Bachsin yang sudah datang sejak jam 01.00 WIB.

Suasana upacara seketika hening ketika bendera merah putih dibentangkan, dan seluruh peserta acara menyanyikan lagu Indonesia Raya. Keheningan terus berlanjut ketika Arumi membacakan teks proklamasi yang 65 tahun lalu pernah dibacakan oleh Soekarno-Hatta.

Acara kemudian diisi dengan orasi dan siraman rohani oleh Ustadz Ismeidas Makfiansyah. Menurut Presdir DD Ismail A Said, upacara yang diadakan dini hari ini adalah bertujuan untuk mengambil sisi lain dari sebuah perayaan upacara. “Ini unik, dan ternyata ide DD didukung oleh para seniman jalanan yang menyambut dengan antusias” ungkapnya.

Sementara itu, Arumi Bachsin yang ditemui ditengah makan sahur bersama mengaku bahwa sebenarnya dirinya sangat grogi ketika membaca teks proklamasi. “Iyalah mas, aku grogi banget. Apalagi kan aku harus tampil ditenga orang dewasa semua khan? Tapi it’s cool banget tadi itu.  Aku jadi lebih banyak belajar” tutur Arumi yang selalu didampingi oleh ibunya kemanapun.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Artis muda yang kini duduk di bangku SMA itu pun tak lupa ikut menyumbang memberikan arti tentang kemerdekaan. “Menurutku, merdeka itu artinya kita mampu dan mandiri, tidak bergantung dengan orang lain” katanya menutup pembicaraan.

PT Pos Indonesia (Persero) Salurkan Bansos dan PKH ke 2.500 Keluarga Penerima Manfaat

Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini

PT Pos Indonesia (Persero) kembali menyalurkan bansos sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024