Ketatnya Upacara di Istana, Ancaman Teroris?

Sumber :
  • Puspen TNI

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan memimpin langsung upacara detik-detik menjelang Proklamasi, 17 Agustus 2010. Pengamanan di sekitar Istana dijaga sangat ketat.

Berdasarkan pantauan VIVAnews, penjagaan ketat terlihat di sepanjang Jalan Medan Merdeka Timur, Jalan Veteran, Jalan Majapahit. Pusat penjagaan terlihat di Medan Merdeka Utara, yang merupakan jalan yang terbentang di depan Istana Merdeka.

Petugas keamanan pun mengalihkan lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Utara ke Jalan Veteran. Selain itu, penjagaan ketat terlihat berada di setiap gerbang menuju Kompleks Istana Kepresidenan dan Kompleks Sekretariat Negara.

Sedangkan untuk masuk ke lokasi utama upacara di halaman Istana Merdeka, para undangan harus melalui dua lapis penjagaan yang disertai pemindai logam.

Presiden sendiri baru akan melakukan upacara kemerdekaan sekitar pukul 10.00. Selain dihadiri para pejabat, upacara kemerdekaan juga akan dihadiri para duta besar dari negara sahabat.

Upacara pengibaran bendera ini juga membuat petugas mengalihkan lima jalan utama. Pengalihan juga diberlakukan saat upacara penurunan bendera petang nanti.

Seperti diketahui, peningkatan keamanan yang sudah rutin ini juga untuk mengantisipasi ancaman keamanan. Terutama ancaman teroris. Karena sejak 2003, teroris menjadikan acara upacara pengibaran bendera HUT RI di Kompleks Istana Kepresidenan sebagai salah satu target.

"Pada 17 Agustus 2010 mereka (teroris) akan melakukan penyerangan dan pembunuhan para pejabat yang melakukan upacara 17 Agustus, terutama tamu negara asing," kata Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri, Mei lalu. (umi)

Proyek Istana Wapres di IKN Bakal Dilelang Ulang, Jokowi Minta Desainnya Direvisi
Ilustrasi Kegiatan Belajar Mengajar

Catatan Pencapaian Program Merdeka Belajar dalam Pendidikan di Indonesia

Program Merdeka Belajar lahir dari kesadaran akan pentingnya reformasi pendidikan untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024