1 September, Jalur Pantura Siap Ladeni Mudik

Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) di Lamongan diperbaiki beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Antara/ Syaiful Arif

VIVAnews – Kementerian Pekerjaan Umum (PU) terus menggeber perbaikan jalan raya di pantai utara Jawa. Perbaikan jalan raya tersebut demi kelancaran saat arus mudik maupun arus balik Lebaran 2010 mendatang.

Hal itu diungkapkan, Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian PU, Muhammad Irian. Ia mengatakan, pada tanggal 1 September 2010 mendatang, atau H-10 Hari Raya Idul Fitri, perbaikan jalan raya Pantura sudah selesai dan bisa dipergunakan untuk arus mudik.

“Mulai H-15 sebelum Hari Raya Idul Fitri, kontruksi di jalan raya Pantura tersebut, sudah lengkap,” katanya saat menghadiri acara Inspirasi Anak Bangsa, bersama Ikang Fauzi di Kafe Dedaunan, yang berada di dalam Kebun Raya Bogor, Minggu 14 Agustus 2010.

Ia menegaskan, jalan raya Pantura merupakan salah satu jalan di Indonesia yang setiap arus mudik dan arus balik sering dipadati kendaraan roda dua maupun roda empat atau lebih yang hendak pulang ke kampungnya masing-masing. “Jadi, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan kami memperbaiki jalan raya Pantura tersebut," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyatakan lembaganya hanya berupaya agar arus kendaraan selama arus mudik Lebaran tidak akan mengalami gangguan akibat adanya pembangunan maupun rehabilitasi sarana jalan raya.

"H-10 kegiatan rehabilitasi dikurangi, kalau perlu dihentikan dulu, yang penting Lebaran," kata dia  29 Juli lalu.

Djoko memastikan seluruh ruas jalan tujuan arus mudik Lebaran akan terus dipantau. Bahkan dia mengaku masih ada beberapa titik jalan di kawasan Pantai Utara Jawa yang masih perlu dan sedang diperbaiki.

Di jalur selatan, pembangunan jalur alternatif Nagrek, Garut juga masih terus dilakukan. "Kalau tidak salah, jalur Jakarta-Cirebon masih ada dua lokasi perbaikan yang ramai," katanya.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Laporan Ayatullah Humaeni | Bogor

Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024