Penghuni Kebun Binatang Surabaya Berguguran

Bekantan (Nasalis Larvatus) asal Kalimantan di Kebun Binatang Surabaya (KBS)
Sumber :
  • Antara/ Eric Ireng

VIVAnews - Dua satwa penghuni Kebun Binatang Surabaya (KBS), kanguru dan singa mendadak mati. Kematian dua binatang khas dari Australia dan Afrika ini mengikuti serentetan kematian penghuni kebun binatang itu.

"Kami masih belum bisa menyimpulkan penyebab kematiannya sebab organ kedua binatang, kanguru dan singa, dibawa ke rumah sakit. Hasilnya baru diketahui tiga minggu mendatang," kata Humas KBS, Agus Supangkat, Kamis 12 Agustus 2010.

Kanguru betina umur 6 tahun asal Australia itu diketahui meninggal Rabu kemarin. Kemudian disusul Lely, seekor Singa Afrika yang juga berjenis betina berusia 17 tahun, meninggal Kamis 12 Agustus 2010.

Agus mengakui kematian Kanguru tergolong misterius karena sebelumnya tidak ada tanda-tanda keganjilan kalau binatang asal Australia itu sakit. Sementara singa Afrika, sebelumnya binatang itu menunjukkan tanda-tanda sakit sejak pekan lalu. Itu karena tidak mau makan menu yang disajikan petugas.

Singa Afrika itu adalah pemberian Taman Safari Indonesia Prigen pada tahun 2004. Sejak kehadirannya, penghuni KBS itu sempat menjadi ikon. Hampir semua pengunjung mengaku terpikat melihat penampilan binatang tersebut.

Kematian dua satwa tersebut menambah daftar panjang kematian hewan di KBS. Selama Juni 2010, kasus kematian hewan terjadi secara beruntun. Di antaranya, rusa sambar jantan, anak rusa Bawean betina, ikan hias, komodo, babi rusa betina dan anak rusa sambar betina.
    
Kemudian, dua anak ular phiton, rusa jantan remaja, jalak bali, burung mandar, burung nuri kepala hitam, bekantan jantan, burung mandar, rangkok, kakatua jambul kuning dan bayi rusa. (sj)

Laporan Tudji Martudji | Surabaya

Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini
Bumi dan Bulan.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Investigasi menyeluruh yang dilakukan para ilmuwan menyebutkan bahwa inti Bulan sebenarnya adalah bola padat dengan kepadatan serupa dengan besi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024