Menhub: Gerbong Gratis Angkut Motor Pemudik

Sepeda Motor
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Pemerintah sedang mengkaji rencana pengangkutan kendaraan bermotor roda dua secara massal menggunakan truk atau gerbong kereta api. Kajian ini dilakukan di Kementerian Perhubungan seiring tren mudik yang akhir-akhir ini didominasi oleh kendaraan roda dua.
 
Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan kajian ini dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat di bawah kementeriannya. "Kajiannya khusus untuk Pulau Jawa karena arusnya yang paling padat," kata Freddy di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Kamis, 12 Agustus 2010.
 
Tujuannya adalah agar intensitas arus kendaraan bermotor saat mudik bisa berkurang. Inisiatif ini, menurut Freddy, juga perlu agar masyarakat yang mudik bisa merasa aman dan tidak kelelahan saat sampai di lokasi tujuan.
 
"Kalau padat itu banyak efek emosionalnya. Tingkat kecelakaan juga makin meningkat," ujar dia. Untuk itu, guna mengurangi angka kecelakaan saat mudik dan memberi kenyamanan bagi pemudik, Kementerian Perhubungan akan menyelesaikan kajian ini sebelum H-10.
 
Menurut Freddy, akan diusahakan agar angkutan ini gratis. "Masyarakat mudik menggunakan motor itu karena menghitung cost-nya, supaya lebih murah. Makanya pakai motor. Jadi nanti kami usahakan kalau bisa agar gratis," kata dia.
 
Kementerian Perhubungan memperkirakan angka peningkatan arus mudik lebaran khusus kendaraan roda dua tahun ini mencapai 15 persen.

Angin Segar untuk Startup Pemula
Chandrika Chika

Alasan Chandrika Chika dan Teman-teman Pakai Narkoba Cuma Buat Senang-senang

Selebgram Chandrika Chika dan 5 orang temannya ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkoba. Mereka diamankan setelah mengadakan pesta narkoba.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024