NASIONAL

Pilkada Bupati Garut Putaran Dua Sepi Pemilih

Jumlah pemilih yang menyalurkan hak suaranya baru mencapai 324 orang dari 602 pendaftar.
Minggu, 21 Desember 2008
Oleh : Amril Amarullah

VIVAnews - Pelaksanaan Pilkada kab Garut putaran ke dua terpantau sepi dari pemilih, seperti halnya di TPS 08 kelurahan Sukagalih Kec Tarogong Kidul, tempat pemilihan wakil bupati Garut Memo Hermawan bersama Istri.

Data yang diterima VIVAnews dari petugas TPS tersebut hingga pukul 11.46 WIB, jumlah pemilih yang menyalurkan hak suaranya baru mencapai 324 orang dari daftar pemilih tetap sebanyak 602 orang.

Ketua KPUD Garut M Iqbal Santoso menyatakan trend partisipasi masyarakat dalam putaran kedua diprediksi akan mengalami penurunan sekitar 5 peren dari putaran pertama, seperti halnya yang terjadi pada pilkada Bogor,Serang dan Jawa Timur.

"Partisipasi pemilih kali ini diperkirakan sekitar 60 persen atau menurun sekitar 5 persen dari putaran pertama," kata M.Iqbal. Dengan demikian angka golput pun akan mengalami peningkatan menjadi 40 persen jumlah pemilih tetap sekitar 1.583.659 orang," terangnya.

Dia menambahkan, menurunnya partisipasi masyarakat dalam pilkada ini diakibatkan oleh minimnya sosialisasi, mengingat persiapan menuju hari pemilihan hanya memiliki waktu sekitar 40 hari.

"Selain itu, sekitar 1.213 jemaaah haji asal Garut dengan kloter 38, 52 dan kloter 77 yang masih melaksanakan ibadah haji. Bahkan disisi lain masih banyak simpatisan militan pasangan calon yang tidak lolos pada putaran dua, membuat mereka tidak datang ke TPS," ujarnya.

Sementara itu wakil Bupati Garut Memo Hermawan membantah bila tingginya partisipasi masyarakat dalam pilkada sebagai suara golput.

"Masyarakat yang tidak hadir ke TPS itu bukan berarti golput. Mereka terkendala karena tingkat sosial ekonomi dimana banyak diantaranya yang bekerja di luar kota," ujarnya.

Selain itu faktor geografis kab Garut yang cukup luas, membuat jarak TPS dengan tempat tinggal warga cukup jauh berkisar antara 3-5 KM. Jadi di Garut itu beda, kalau golput itu sudah ada niat untuk tidak ikut serta.

Suara golput pada pelaksanaan pilkada Kab Garut putaran pertama 26 Oktober lalu, jumlahnya mencapai 532.347 suara atau 33,6 prosen menggungguli perolehan suara ketujuh pasangan calon yang rata-rata hanya di bawah 24 prosen.

Laporan: Sigit Zulmunir/Bandung

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found