2012-2014, Awal Puasa Bisa Berbeda-beda

Petugas Departemen Agama lakukan perhitungan hilal rukyat
Sumber :
  • Antara/ Eric Ireng

VIVAnews - Tahun ini, awal Ramadan dan awal Syawal 1431 Hijriyah dipastikan seragam dirayakan. Namun untuk Idul Adha 1431 Hijriyah, terancam ada perbedaan.

"Ini karena perbedaan penentuan awal bulan Zulhijah," kata Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Thomas Djamaluddin, usai sidang Istbat di Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa, 10 Agustus 2010.

Menurut Thomas, perbedaan penentuan hari raya Idul Adha tersebut terjadi karena perbedaan cara perhitungan yang dilakukan di antara organisasi kemasyaratakat (Ormas) Islam di Tanah Air. "Akan ada Idul Adha pada 16 dan 17 November karena perbedaan kriteria awal bulan. Jika menggunakan hilal, Idul Adha terjadi pada tanggal 16 November sedangkan melalui metode rukyat terjadi tanggal 17 November," kata Thomas.

Lapan memperkirakan, posisi bulan baru yang ditandai dengan terlihatnya hilal sulit dilakukan. Pasalnya Lapan memperkirakan ketinggian bulan pada awal Djulhijah kurang dari 2 derajat. "Walau sudah positif, dengan hitungan rukyat itu belum masuk," katanya.

Lebih parah lagi, Lapan memperkirakan pada tahun 2011 akan ada perbedaan penentuan Hari Raya Idul Fitri, sedangkan tahun 2012 dan 2013 ada perbedaan penentuan awal Ramadan. Sementara pada tahun 2014, akan terjadi perbedaan penentuan awal puasa dan hari Lebaran karena tinggi bulan diperkirakan hanya 0,8 derajat.

Thomas mengatakan, Lapan mengusulkan agar dibuat kriteria baru yang menetapkan awal bulan untuk penanggalan Islam. Lapan sendiri mengusulkan tinggi hilal seharusnya ditetapkan sebesar 4 derajat. "Kriteria astronomi ketinggian di atas 4 derajat. Saya usulkan agar penentuan penanggalan juga dilakukan melalui metode ilmiah yaitu menggunakan ilmu astronomi," kata Thomas.

Menanggapi hal itu, Menteri Agama Suryadharma Ali sepakat agar dilakukan pertemuan kembali di antara ormas Islam dan lembaga terkait untuk menentukan kriteria penetapan awal bulan penanggalan Hijriah.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran
Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro

Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt

The Indonesian police have uncovered many students who have become victims of an international human trafficking network to Germany, where they are trapped in debt.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024