Komisi III Janji Pilih Calon Kapolri Reformis

Kapolri, Bambang Hendarso Danuri
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Jika tak ada aral melintang, nama-nama pengganti Jenderal Bambang Hendarso Danuri sebagai Kapolri, secara resmi akan diumumkan September mendatang. Anggota Komisi III DPR Martin Hutabarat berharap calon-calon yang diajukan sosok yang bersih dan berani melibas mafia hukum.

"Kami berharap Kapolri mendatang selaras dengan cita-cita seluruh rakyat, Satgas, yang memiliki keberanian memberantas mafia hukum," kata anggota DPR dari Partai Gerindra ini dalam diskusi polemik Trijaya FM terkait Satgas Mafia Hukum di Warung Daun, Jakarta, Sabtu 7 Agustus 2010.

Martin sadar, sikap DPR sangat menentukan sosok pimpinan Polri di masa datang. Karenanya DPR akan meneliti figur calon lebih cermat. "Kalau calonnya hanya satu orang, DPR punya pilihan untuk setuju atau tidak," kata dia.

Kalau pilihannya hanya satu orang, Martin menambahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus benar-benar memilih orang yang sejalan dengan keinginannya, keinginan rakyat dan internal polisi agar polisi berani membuktikan bahwa mereka bukan bagian dari mafia hukum. "Jadi harus sosok yang betul-betul bisa melanjutkan repormasi di kepolisian," kata dia.

Pada 4 Agustus lalu, Wakil Komisi Kepolisian Nasional Adnan Pandu Praja mengungkapkan, Kompolnas telah menjaring delapan nama yang diusulkan sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal Bambang yang akan memasuki masa pensiun Oktober nanti.

4 Alasan Kenapa Vietnam Asyik Banget Buat Solo Traveling

Kompolnas kini tengah  meneliti rekam jejak delapan nama yang sudah masuk sebelum diumumkan ke publik pada September mendatang. "Setelah nanti nama-nama dibuka, apa sih kira-kira harapan publik mengenai kriteria Polri yang ideal. Kita cari masukan itu," kata dia.

Untuk mengetahui rekam jejak calon Kapolri, Komisi Kepolisian bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain. Lembaga yang digandeng Komisi Kepolisian di antaranya Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK), Direktorat Jenderal Pajak, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sejumlah nama disebut-sebut sebagai calon kuat Kapolri adalah Inspektur Pengawasan Umum Komisaris Jenderal Polisi Nanan Soekarna, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Timur Pradopo, Kapolda Sumatera Utara Inspektur Jenderal Polisi Oegro Seno, Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Pratiknyo, Inspektur Jenderal Imam Sudjarwo, dan Kepala Bareskrim Komisaris Jenderal Ito Sumardi. (adi)

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri

KPK Cegah Tiga Orang di Kasus Dugaan Korupsi di PT PLN, Siapa Dia?

Komisi Pemberantasan Korupsi, mencegah 3 orang terkait dengan penyidikan baru dugaan kasus korupsi yang terjadi di PT PLN (Persero). Dugaan pada pengadaan barang dan jasa

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024