NASIONAL

Gunung Karangetang di Sulawesi Meletus

Gunung ini memuntahkan lava dan abu panas hingga ratusan meter ke udara.

ddd
Jum'at, 6 Agustus 2010, 18:36
 
  (ANTARA/Basrul Haq)

VIVAnews - Gunung Karangetang, salah satu gunung berapi Indonesia yang paling aktif meletus pada Jumat, 6 Agustus 2010. Peristiwa ini mengakibatkan sejumlah korban luka dan hilang.

Gunung Karangetang yang terletak di Siau, Sulawesi Utara, ini memuntahkan lava dan abu panas hingga ratusan meter ke udara.

Sedikitnya empat warga yang tinggal di lereng pegunungan hilang, kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono. Beberapa orang juga terluka parah.

Terakhir, Gunung Karangetang menciptakan letusan besar pada Juli 2006. Letusan kala itu menyebabkan hampir 4.000 warga dari lima desa diungsikan.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di jalur Cincin Api Pasific yaitu gugusan gunung berapi di wilayah Pasific. Jalur ini umumnya rawan letusan dan gempa vulkanik. (AP)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
kris_libra84
10/08/2010
kakak ku Heidi bersama isteri dan kedua anaknya yg jd korban, sampe sekarang belum ditemukan... krna skrg sy di jakarta sayang sekali sy ngak bisa kesana untuk ikut mencari korban, sy hanya mendoakan semoga mereka cepat ditemukan... lv u K
Balas   • Laporkan
dolfi
06/08/2010
saya tinggal di Siau, yang berjarak kurang lebih 10 km dari gunung karangetan, letusan tadi malam memang cukup dahsyat dan menimbulkan suara dan getaran yang cukup kuat, yang diawali dengan gemuruh
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id