'Rumah' Perlindungan Gempa Siap di Padang

Gedung Pengadilan Agama Padang miring akibat gempa
Sumber :
  • Singgalang/ Merry Basril

VIVAnews - Berada di jalur rawan gempa membuat Padang terus berbenah meningkatkan kesiapan menghadapi bencana. Berbagai upaya dilakukan antara lain pembangunan shelter multifungsi sebagai area perlindungan sekaligus terminal evakuasi.

“Padang dan Mentawai berada pada jalur red zone, salah satu jalur patahan tektonik aktif yang paling rawan gempa di Indonesia. Kewaspadaan pemerintah dan masyarakat melalui berbagai langkah mitigasi bencana, harus ditingkatkan,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana (SKP BSB) Andi Arief, Kamis, 5 Agustus 2010.

Andi mengatakan, satu shelter yang selesai dibangun adalah gedung SMA Negeri 1 Padang. Shelter itu merupakan satu dari 100 shelter yang direncanakan.

“Shelter multifungsi didesain empat tingkat dengan luas bangunan bervariasi sesuai keadaan lokasi. Selain didesain khusus untuk memecah ombak, atap shelter juga difungsikan sebagai helipad bagi pendaratan helikopter,” ujarnya.

Pemkot Padang telah menyelesaikan pembangunan satu shelter multifungsi dari seratus shelter yang Padang pantas bersiap menghadapi situasi paling sulit. Sebab, setidaknya terdapat tiga hasil riset yang menyebutkan tingginya potensi gempa di kawasan itu, juga gugusan Kepulauan Mentawai yang dipisahkan Selat Mentawai.

National Geographic juga menulis, bagian pesisir Padang yang padat sebagai tempat berisiko tertinggi di dunia terhadap ancaman tsunami.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024