NASIONAL

UGM Buka Kampus di Jakarta

Kampus Jakarta ini membuka program studi S2 manajemen sampai hukum.

ddd
Senin, 2 Agustus 2010, 10:31
Rektor UGM resmikan pembangunan Kampus Jakarta pada Maret 2009
Rektor UGM resmikan pembangunan Kampus Jakarta pada Maret 2009 (www.dikti.go.id)

VIVAnews - Universitas Gadjah Mada meresmikan kampus Jakarta yang berada di Jalan Dr Sahardjo, Tebet, Jakarta Selatan. Kampus ini terdiri atas dua blok, Gedung Akademik dan Gedung Pendukung Akademik.

Kampus baru ini diresmikan oleh Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Djalal, pada Minggu 1 Agustus 2010 kemarin. Menurut Rektor UGM Sudjarwadi, UGM kampus Jakarta ini diharapkan mengembangkan dan menerapkan ilmu bagi keadaban, kemanfaatan dan kebahagiaan, seperti tercantum pada dokumen Nilai-nilai UGM, khususnya mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa.

UGM kampus Jakarta berdiri di atas lahan seluas 6.300 meter persegi, dengan luas bangunan 18.688 meter persegi. Gedung Akademik terdiri atas 9 lantai, dilengkapi dengan 35 ruang kelas, 18 ruang diskusi, 10 ruang administrasi, auditorium, dan kantor perwakilan LPPM UGM. Sementara Gedung Pendukung Akademik, 5 lantai, digunakan untuk, antara lain, perpustakaan, restoran, dan bank.

“Investasi untuk kampus ini adalah Rp180 miliar dan seluruh proses pembangunan diselesaikan dalam waktu 11 bulan,” kata Dr. Hargo Utomo, MBA., Direktur PT UGM-Samator Pendidikan yang membangun kampus ini, seperti dilansir laman UGM, Senin 2 Agustus.

“Semua pihak yang menggunakan gedung ini dikenakan tarif sewa profesional; dan saat ini, penyewa utamanya adalah Program Studi Magister Manajemen, yang sudah mengantongi izin operasional dari Kementerian dan LPPM UGM. Penyewa lain yang sudah berkomitmen adalah Program Studi Magister Hukum, Program Studi Magister Ekonomika Pembangunan, dan Bank Mandiri. Sementara yang sudah menunjukkan minatnya adalah Prodi Magister Ilmu Kesehatan dan Prodi Magister Akuntansi,” Hargo Utomo menambahkan.

Soft opening dihadiri Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, Majelis Guru Besar, Pimpinan Universitas dan Unit-unit Universitas, Dekan, Direktur Sekolah Pascasarjana, para donatur, Keluarga Alumni Gadjah Mada dan mitra UGM.

Di depan hadirin, mantan Menteri Pendidikan yang juga Profesor di UGM, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, menjelaskan bahwa UGM kampus Jakarta merupakan salah satu bukti keberhasilan implementasi otonomi yang diberikan Pemerintah. Dengan otonomi, yang dibarengi dengan transparansi dan akuntabilitas, maka kualitas yang terus menerus dikembangkan telah membuat UGM masuk universitas peringkat dunia.

“Peringkat dunia telah menjadikan UGM sangat populer dan diminati, termasuk oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Inilah antara lain yang mendorong UGM untuk hadir secara fisik di Jakarta,” kata pendiri program Magister Manajemen UGM tersebut. UGM sebelumnya perguruan tinggi negeri yang berbasis di Yogyakarta.

“Pemberian otonomi, khususnya kepada perguruan tinggi yang sudah dewasa, sebenarnya telah dirintis oleh (alm) Prof. Dr. Sukadji Ranuwihardjo, MA., saat menjabat sebagai Dirjen Pendidikan Tinggi (19981 – 1994). Prof. Sukadji pada saat itu telah mulai memberikan keleluasaan yang besar kepada program-program studi tertentu, yang kemudian pada tahun 2000, Pemerintah meningkatkan menjadi otonomi pada beberapa perguruan tinggi yang sudah dewasa. Jadi, otonomi telah membuahkan sukses-sukses besar. Tanpa otonomi, perguruan tinggi tidak mungkin memberdayakan dirinya sedemikian rupa," katanya.

Sementara itu, Wakil Menteri Pendidikan Prof. Fasli Djalal menyatakan bahwa setelah UU Badan Hukum Pendidikan dinyatakan batal oleh Mahkamah Konstitusi, Kementerian Pendidikan Nasional sedang berupaya untuk melobi Departemen Keuangan agar memberikan otonomi pengelolaan keuangan kepada perguruan tinggi, seperti yang terjadi pada era Perguruan Tinggi BHMN.

“Kami terus berupaya untuk mengadvokasi agar masa transisi (saat ini sampai dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah baru yang mengatur perguruan tinggi) diberlakukan selama 3 tahun. Selama kurun waktu tersebut, perguruan tinggi tidak perlu berubah apa pun; dan selama kurun waktu itu juga Kementerian Pendidikan Nasional akan terus memperjuangkan fleksibilitas sebesar mungkin," kata Fasli.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
johan
12/10/2011
Alhamdulillah ahirnya UGM melebarkan sayap...UGM harus te2p maju....eits...jgn lupa RS UGM yg br di bangun harus cpt di selesaikan lho ya....
Balas   • Laporkan
Benito
16/09/2010
Ikut berbahagia dengan dibukanya UGM Kampus Jakarta. Sekali lagi ini adalah bentuk pengakuan masyarakat akan kualitas UGM...Bravo UGM
Balas   • Laporkan
meta6kr
03/08/2010
Kenapa ya kalo PTS gak boleh buka kelas jauh, PTN bebas-bebas aja tuh.......
Balas   • Laporkan
@dity@
03/08/2010
Minta doa nya supaya saya bisa segera menjadi mahaiswa dsana,,!!!
Balas   • Laporkan
aditya
03/08/2010
bagus bgt,,sgt memfasilitasi bg para pekerja yg ingin melanjutkan studi di UGM tanpa perlu ke jgj dan skaligus sedikit mengobati kerinduan akan suasana kuliah di UGM bagi para alumninya.. -aditya FE 2004-
Balas   • Laporkan
heri
03/08/2010
congrats ya...semoga masih mencerminkan sebagai kampus rakyat dan kampus perjuangan dan menghasilkan lulusan yg terbaik yg berguna bagi nusa dan bangsa.
Balas   • Laporkan
abah sentot
02/08/2010
sebaiknya jangan di jakarta..... ibu kota aja sebaiknya pindah dari jakarta ...jogja & sekitarnya kan masih banyak tempat.
Balas   • Laporkan
ucup
02/08/2010
kenapa ngga ada program S1 ? butuh sarjana yg berkwalitas pak rektor......
Balas   • Laporkan
rangga
02/08/2010
iya saya menanggapinya dengan sangat baik yah... karena dengan itu berarti pihak kampus memperhatikan kebutuhan saat ini... smestinya jangan hanya dijakarta saja... semoga sukses yah... hidup mahasiswa!!!!
Balas   • Laporkan
rangga
02/08/2010
iya saya menanggapinya dengan sangat baik yah... karena dengan itu berarti pihak kampus memperhatikan kebutuhan saat ini... smestinya jangan hanya dijakarta saja... semoga sukses yah... hidup mahasiswa!!!!
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id