Mari Elka: Stok Jelang Lebaran Aman

Mendag, Mari Elka Pangestu
Sumber :
  • ANTARA/Reuters-Daniel Munoz

VIVAnews - Pemerintah menjamin stok bahan pokok untuk persiapan jelang Hari Raya Idul Fitri dipastikan aman. Begitu juga dengan lonjakan harga di pasaran menjelang Lebaran.

"Tadi pagi kami sudah dari Pasar Curug di Serpong. Dari segi stok tidak ada masalah, sudah lebih dari cukup. Asosiasi ritel, produsen, pedagang, semua sudah siap," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Sabtu 31 Juli 2010.

Menurut Mari Elka, biasanya peningkatan permintaan jelang Lebaran mencapai sekitar 20 persen. Tetapi, para pelaku pasar sudah melakukan perencanaan dari jauh hari untuk barang yang bisa disimpan.

"Kalau untuk barang yang tidak tahan lama, seperti, telur, daging, daging ayam, tentunya itu pergerakan dari hari ke hari," ujar Mari Elka usai mengikuti acara Gerakan Peduli Koin Nasional.

Dari segi harga, kata dia, semua harga dalam keadaan stabil. Yang bergerak naik adalah harga daging ayam, telur, daging. Kendati demikian, kenaikan yang terjadi tidak terlalu besar.

"Hanya kurang dari lima persen. Harga cabe juga sudah turun," ujarnya lagi.

Sementara, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Benjamin J Mailool juga memastikan stok jelang Lebaran akan aman. Para pedagang sudah menyiapkan stok barang jelang hari raya.

"Kami juga sudah mempersiapkan jauh-jauh hari. Yang penting, perlu penanganan terpadu dari segi lalu lintasnya, cuacanya, perhubungan antarpulau, dan perkapalan. Tapi dari supplier, kita sudah kerja sama," kata Benjamin. (adi)

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok
Siskaeee.

Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi

Kepolisian telah melimpahkan berkas kasus Siskaeee bersama 10 pemeran film porno lokal lain ke kejaksaan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024