"Kristen Melarang Homoseksual, Tapi ..."

Pernikahan Gay
Sumber :
  • kcbs.com

VIVAnews - Kritikus Agama dan Teologi, Ioanes Rakhmat menyebutkan bahwa alkitab secara garis besar melarang adanya hubungan homoseksual di dunia ini.

Tapi ada alasan-alasan lain dalam alkitab yang sebenarnya tidak secara spesifik bisa menerima.
 
Larangan setidaknya terdapat dalam kurang lebih rujukan ke homoseksualitas atau ke perilaku homoseksual dalam kitab suci gereja, baik perjanjian lama dan perjanjian baru.
 
"Tujuh diantaranya adalah teks-teks yang menurut kalangan kristen evangelikal (konservatif) merupakan teks-teks yang sangat jelas melarang dan mengutuk homoseksualitas atau perilaku homoseksual," kata Ioanes dalam diskusi di tafsir atas homoseksualitas di KBR 68 H, Utan Kayu, Senin 26 Juli 2010.
 
Menurut Ioanes diantara ayat yang melarang itu adalah kejadian 19, Imamat 18:22, Imamat 20:13, Roma I:26-27, Korintus 6:9-10, 2 Timotius 1:9-10, dan Yudas 1:7.
 
Sebagai contoh, kata dia, dalam pandangan kalangan kristen evangelikal, Tuhan melenyapkan kota Sodom dan Gomora karena kaum lelakinya mempraktekkan hubungan homoseksual. Dengan demikian dalam pandangan mereka Tuhan mengutuk dan menghukum segala jenis homoseksualitas.
 
"Tapi menurut saya, tidak satupun dari tujuh teks utama tentang homoseksualitas dalam kitab suci gereja itu, menyebut secara langsung mengutuk homoseksualitas."

"Jika homoseksualitas ini dipahami sebagai suatu orientasi genetik seksual seseorang dan perilaku homoseksual jika perilaku homoseksual ini dipandang sebagai suatu relasi homoseksual antar kalangan gay atau kalangan lesbian --- yang dibangun karena kesepakatan kedua mitra, yang dilandasi cinta dan dijaga oleh komitmen untuk membangun suatu persekutuan hidup yang langgeng," kata Ioanes.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024