Ancaman Gunung Soputan Relatif Kecil

VIVAnews-Status Gunung Soputan di Minahasa, Sulawesi Utara dalam kondisi relatif aman atau level siaga, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir apalagi harus mengungsi.

Tempat Produksi Tembakau Sintetis di Kos Digerebek Polisi, Modusnya Pelaku Berindah-pindah

Menurut Ketua Pusat Vulkanis dan Mitigasi Bencana Geologi Departemen ESDM, Surono, ancaman bencana relatif kecil karena jarak luncur awan panas ke perkampungan cukup jauh sekitar 8 km.

"Masyarakat tidak perlu panik dan khawatir, kondisi gunung tidak terlalu mengancam sebab jaraknya cukup jauh. Tetapi masyarakat sekitar sebaiknya menggunakan masker karena masih terlihat asap tebal mengelilingi Gunung Soputan," ujar Surono saat dihubungi VIVAnews, Rabu, 8 Oktober 2008.

Menurut Surono, Gunung Soputan ini termasuk salah satu gunung merapi di Sulawesi yang aktif, bahkan hingga kini masih sering terjadi getaran-getaran kecil yang tidak terlalu berbahaya.

Bahkan menurut data yang ada, sejak bulan Juni gunung ini sudah menunjukan tanda-tanda letusan, seperti gempa kecil yang terjadi selama 44 kali per harinya, awan panas yang mengelurakan percikan api.

"Letusan juga ditandai dengan banyaknya tumbuhan disekitar perkampungan yang mati sia-sia," tuturnya.

BKN Ingatkan ASN Tak Boleh Menolak Dipindahkan ke IKN
Prof. Dr. Ahmad Mulyana, M. Si. (Dekan Fikom Universitas Mercu Buana)

Konten Bunda Corla dan Nikita Mirzani Jadi Kajian Dosen Universitas Mercu Buana

Dengan menggunakan rancangan desain paradigma kritis, penelitian tersebut berusaha membongkar cara kerja ideologis di balik konten digital dengan format kekerasan verbal.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024