Pemerintah-DPR Siap Bahas Desain Pemekaran

Presiden SBY
Sumber :
  • R Rekotomo

VIVAnews - Salah satu agenda yang dibahas dalam rapat konsultasi Pemerintah dengan Dewan Perwakilan Rakyat hari ini adalah tentang pemekaran daerah.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemudian menegaskan Pemerintah masih mempertahankan kebijakan moratorium pemekaran daerah.

"Moratorium yang berlaku masih kita pertahankan, seraya segera menuntaskan kebijakan pemekaran lebih lanjut atas dasar evaluasi yang dilakukan selama ini, atas dasar grand design dan kebijakan strategis yang sudah disusun oleh Pemerintah," kata Presiden dalam jumpa pers bersama Ketua DPR Marzuki Alie, di Istana Negara usai Konsultasi dengan DPR, 14 Juli 2010.

Dalam waktu dekat, SBY melanjutkan, Pemerintah dan DPR akan membahas secara mendalam pemekaran wilayah. Ada kemungkinan pemekaran dilakukan kembali setelah ditetapkan desain besar, kebijakan strategis, persyaratan pemekaran, evaluasi pemekaran yang telah dilakukan sejak 1999 - 2009, dan berapa jumlah yang tepat untuk Indonesia.

"Tentu dengan persyaratan yang lebih tepat, dengan proses yang lebih efektif. Dengan demikian pemekaran wilayah di suatu saat adalah solusi bukan masalah," ucap SBY.

Saat ini, Pemerintah menilai masih banyak masalah dengan bertambahnya 205 daerah pemekaran baru dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. "80 persen daerah pemekaran kurang berhasil," ucap SBY.

SBY juga menegaskan, jika dimungkinkan adanya pemekaran, itu harus efektif untuk mencapai pelayanan publik yang lebih baik, ekonomi yang bergerak, dan memberikan keadilan daearah. "Anggaran mengalir banyak sekali untuk membeli mobil, membangun gedung. Padahal yang kita perlukan adalah pelayanan publik, yang kita perlukan adalah biaya pembangunan per orang," tutur Presiden.

Sementara itu Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan dalam rapat konsultasi ini, DPR telah mencapai kesepakatan mengenai moratorium pemekaran daerah. Namun, perlu dilakukan penyempurnaan-penyempurnaan dari sisi aturan.

DPR juga siap membahas mengenai desain besar yang telah disiapkan oleh Pemerintah. Dengan demikian, moratorium dapat dicabut dan pemekaran dapat kembali dilakukan. "Insya Allah dalam waktu tidak terlalu lama diselesaikan," ujar Marzuki yang juga politisi Partai Demokrat ini. (umi)

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024