Kurangi Pengangguran, DKI Kirim Transmigran

Petani Jombang
Sumber :
  • Syarif Abduylah | Surabaya Post

VIVAnews – Pemerintah Jakarta akan mengirim transmigran sebanyak 210 KK (kepala keluarga) ke sejumlah daerah pada Oktober 2010. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya 100 KK.

Hal itu dinyatakan Deded Sukendar, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Jakarta, Rabu 14 Juli 2010.

Daerah tujuan transmigrasi, antara lain Desa Tondasi dan Matombura, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara; Desa Sambungan, Kabupaten Tanah Tidung, Kalimantan Timur. Selain itu Desa Tanjung Beringin di Sumatera Selatan.

Saat ini, calon transmigran sedang disiapkan untuk pengiriman. Mereka dilatih berbagai bidang pekerjaan. Selain menjadi petani, juga wirausaha. Bahkan khusus transmigran asal Kabupaten Pulau Seribu yang kebetulan memiliki keahlian sebagai nelayan, akan diarahkan menjadi nelayan.

Deded mengungkapkan selama ini para transmigran asal Jakarta memiliki kemampuan yang lebih dibanding transmigran dari daerah lain. Misalnya di bidang wirausaha. Sehingga  diharapkan bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada di lokasi tujuan.

Deded berjanji terus memantau perkembangan para transmigran yang telah dikirim. Sehingga, masyarakat yang berminat melakukan transmigrasi tidak perlu khawatir ditelantarkan. Mereka akan diberikan tanah seluas dua hektar untuk digarap.

"Sudah banyak kisah keberhasilan dari para transmigran asal Jakarta," katanya.

Deded berharap, ke depan warga Jakarta semakin banyak yang berminat untuk menjadi seorang transmigran. Ditargetkan pada 2011 mendatang, jumlahnya mencapai 500 KK.

Transmigrasi, merupakan salah satu upaya pemerintah Jakarta dalam menekan angka pengangguran dan kemiskinan. (umi)

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior
Ilustrasi emas batangan

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Harga emas keluaran logam mulia Antam 24 karat mengalami kenaikan Rp 27 ribu per gram pada hari ini yang artinya harganya sekarang Rp 1.249.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024