Golkar Tolak Hasil Pilkada Sumatera Barat

Aristo Munandar dan Yusman Kasim mendaftar calon gubernur Sumbar dari Golkar
Sumber :
  • Antara/ Maril Gafur

VIVAnews - Saksi dari dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat menolak menandatangani hasil rekapitulasi hasil pemilihan. Saksi dari pasangan Golkar, Marlis Rahman-Aristo Munandar, dan pasangan Ediwarman-Husni Hadi itu menilai ada pelanggaran dalam proses pemilihan.

Selain itu, saksi pasangan yang diusung Golkar, memberikan pernyataan tertulis terkait pelanggaran kampanye yang dilakukan pasangan Irwan-MK. Dalam catatannya, pasangan Marlis-Aristo mempertanyakan keterlibatan warga negara asing (WNA) dalam kampanye terbuka pasangan Irwan-MK di lapangan Imam Bonjol Padang.

“Saksi dari Golkar juga mempertanyakan kehadiran pelaksana tugas Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah (kader PKS), saat kampanye pasangan Irwan-MK,” kata Husni Kamil Malik, anggota KPU, dalam jumpa pers, Senin 12 Juli 2010.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara KPU Sumbar di Hotel Pangeran Beach sore ini menetapkan pasangan Irwan Prayitno-Muslim Kasim yang dicalonkan PKS dan Partai Hati Nurani Rakyat terpilih memimpin Sum-Bar dengan mengantongi 32,44 persen. Kandidat incumbent Marlis Rahman-Aristo Munandar berada di posisi kedua dengan perolehan 26,32 persen suara.

Sementara itu, Endang Irzal-Asrul Syukur yang diusung Partai Demokrat memperoleh 20,54 persen suara; pasangan Fauzi Bahar-Yohannes Dahlan (PAN) mendapatkan16,29 persen, sedangkan Ediwarman dan Husni Hadi mengumpulkan 4,5 persen suara. Total suara sah mencapai 2.111.835 dari 3,5 juta pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap. (Laporan: Eri Naldi, Padang | kd)

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna
Presiden Joko Widodo.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mau berkomentar namanya disebut-sebut dalam sidang gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024