NASIONAL

Penghargaan Lingkungan Jabar Bagi Danone

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf di Bogor

ddd
Jum'at, 2 Juli 2010, 14:45
Danone Aqua terima penghargaan dari Pemda Jawa Barat
Danone Aqua terima penghargaan dari Pemda Jawa Barat  

VIVAnews - Danone Aqua menerima penghargaan lingkungan dalam Kelompok Industri Peduli Lingkungan di tingkat provinsi Jawa Barat tahun 2010 dari Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) provinsi Jawa Barat. 

Penyerahan secara simbolis penghargaan tersebut dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf kepada perusahaan yang diwakilkan oleh Parmaningsih Hadinegoro selalu Vice President Corporate Secretary Danone Aqua di kantor PDAM Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/6).

Dalam kesempatan tersebut dicanangkan juga kampanye “Lingkungan Baladkuring 2010” di seluruh Kabupaten dan Kota se-Jawa Barat dengan tema "Selamatkan Sungai dan DAS di Jawa Barat".

Kegiatan ini disusun sebagai bentuk partisipasi aktif seluruh pemangku kepentingan yang terkait lingkungan, diantaranya pemerintah (dalam hal ini BPLHD Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Bogor dan Dinas-dinas terkait), komunitas peduli lingkungan di Bogor, dan masyarakat.

"Merupakan suatu kehormatan bagi Danone menerima penghargaan lingkungan dari provinsi Jawa Barat. Sejak tahun 2006, dalam payung program Aqua  Lestari, Aqua telah mengambil peran aktif memberdayakan masyarakat dan melindungi lingkungan. Tentunya penghargaan ini memacu kami untuk melanjutkan peran tersebut dengan partisipasi dan kerja sama multi pihak," kata Parmaningsih.

Aqua juga melibatkan para pemangku kepentingan untuk melaksanakan program-program berbasis masyarakat dalam bidang pengelolaan air, akses air bersih dan kesehatan lingkungan, konservasi, pertanian berkelanjutan, pendidikan, pembangunan ekonomi lokal. Program-program tersebut dirancang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat dan dijalankan di seluruh lokasi dimana pabrik Aqua berada.

Di Jawa Barat, Aqua telah mengembangkan beberapa program yaitu dalam program penyediaan sarana air bersih dan penyehatan lingkungan (WASH) telah menyediakan sarana air bersih dan penyehatan lingkungan di Sukabumi yaitu di Kampung Kubang dan Kampung Pojok yang berdekatan dengan pabrik Aqua di Babakan Pari; Kampung Darmaga, Kampung Lio, Kampung Papisangan Caringin,dan Kampung Babakan Pari Atas.

Sekarang program WASH juga telah merambah Kampung Nyangkowek Desa Mekarsari-Cicurug. Di Desa Ciburuy dan Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor juga telah dibangun sarana air bersih sebagai salah satu program kerja sama dengan Yasmina (LSM), Pemda Kabupaten Bogor dan Danone Aqua.

Selain itu di program konservasi lingkungan, Danone juga telah bekerjasama dengan Pesantren Al-Amin, Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), kelompok tani Hejo Daun, Dinas Kehutanan Setempat serta masyarakat telah menanam sebanyak 150.000 pohon di area TNGHS di empat desa yaitu Desa Girijaya, Desa Tangkil, Desa Babakan Pari, dan Desa Cidahu.

Lebih dari 150 karyawan Aqua terlibat secara sukarela menanam 100.000 pohon pada tahun 2009, bersama-sama dengan kelompok tani "Hejo Daun", merehabilitasi sekitar 40 hektar lahan hutan, melalui model hutan pertanian organik.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id