Makam Soeharto Alternatif Liburan Sekolah

Soeharto dan Ibu Tien
Sumber :
  • www.masboi.com

VIVAnews - Komplek Astana Giri Bangun, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah yang merupakan makan Soeharto, Ibu Tien dan keluarga, mulai dibanjiri pengunjung.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Berbeda dari hari-hari biasa, liburan sekolah dimanfaatkan keluarga untuk mengajak putra-putrinya berziarah ke makam bekas orang nomor satu di Indonesia itu.

Bahkan, tidak sedikit para pengunjung  berasal dari luar kota seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya bahkan dari luar pulau Jawa. Peningkatan kunjungan pun mencapai dua kali lipat.

Juru Kunci makam Astana Giri Bangun, Sukirno mengatakan, sejak memasuki liburan sekolah jumlah pengunjung mengalami kenaikan yang cukup signfikan dibandingkan hari biasa.

"Hari biasa setiap hari pengunjung hanya berkisar antara 300 hingga 400 orang. Namun, memasuki musim liburan ini jumlah pengunjung bertambah menjadi 800 hingga 1.000 orang per harinya," kata Sukirno kepada VIVAnews, Rabu, 30 Juni 2010.

Peziaran dari luar kota paling mendominasi meningkatnya kunjungan ke makam mantan presiden RI ke 2 itu.

"Meskipun banyak pengunjung,  hingga saat ini belum boleh menginap di komplek makam," terang Sukirno.

Bupati Karanganyar, Rina Iriani, mengatakan,  sejak Soeharto wafat, makam Astana Giri Bangun kini banyak diminati warga sebagai salah satu tempat tujuan ziarah selama musim liburan.

"Dulu di Kabupaten Karanganyar itu yang terkenal hanya Tawangmangu, tetapi sekarang Astana Giri Bangun juga sudah terkenal dan menjadi obyek wisata ziarah unggulan di Karanganyar," sebut dia.

Selain musim liburan seperti saat ini, jumlah pengunjung Astana Giri Bangun juga ramai jika memasuki bulan Ramadhan dan Lebaran.

"Pada hari-hari itu jumlah pengunjung makam Pak Harto sangat banyak. Sedangkan pada liburan ini jumlah pengunjung sekitar 800 orang perharinya," tuturnya.

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 

Melihat begitu besarnya jumlah pengunjung, terbetik kabar, Tommy Soeharto, putra bungsu mantan Presiden Soeharto, berencana membangun hotel di kawasan kompleks makam tersebut. Rina menyambut baik rencana itu. Karena ia yakin akan semakin mengerek jumlah pengunjung untuk berziarah.


Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Tak Dapat Izin, Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Diterjunkan AU Yordania
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024