Ribuan Anak Puncak Jaya Terlantar Sekolah

Papua dan Irian Jaya
Sumber :
  • papua.go.id

VIVAnews - Aksi teror penembakan dan pembunuhan yang kerap terjadi di Tingginambut, Puncak Jaya, Papua, selama dua tahun terakhir membuat ribuan anak-anak terlantar sekolah. Pasalnya, kelompok yang diduga separatis bersenjata Organisasi Papua Merdeka itu juga membakar sekolah-sekolah.

"Ribuan anak-anak warga saya saat ini tidak sekolah lagi, karena sejumlah sekolah di bakar oleh OPM," ujar Kepala Distrik Tingginambut Eranus Kogoya di Mulia, Puncak Jaya, Senin 28 Juni 2010.

Menurutnya, setelah membakar sekolah, kelompok yang dikenal bengis itu mengintimidasi warga untuk tidak bersekolah. Jika tidak dituruti, mereka tidak segan-segan membunuh atau menjarah kebun dan ternak warga. "Kalau sudah dintimidasi, warga saya tidak berdaya," ucapnya.

Kelompok pengacau itu juga kerap memeras setiap kendaraan yang melintas di Tingginambut, dengan meminta sejumlah kompensasi uang, pengendara baru bisa lewat. "Biasanya mereka merusak jembatan, dan baru memperbaikinya setelah yang melintas membayar uang minimal 30 juta," katanya.

Markas OPM pimpinan Goliat Tabuni tepat berada di Kampung Tinggineri Distrik Tingginambut. Anggota kelompok separatis itu sekitar 300 orang, dan masih terus mempengaruhi warga untuk bergabung. Saat ini mereka memiliki senjata api yang sebagian besar hasil rampasan.

Aparat keamanan kewalahan mengejar mereka, karena markas mereka berada di ketinggian dengan suku yang cukup ekstrem, bisa mencapai 8 derajat celcius. Mereka juga bergabung dengan warga, dan menjadikannya sebagai tameng jika berhadapan dengan aparat.

Jumlah penduduk Distrik Tingginambut saat ini sekitar 26 ribu warga. Terdiri dari 13,5 ribu wanita dan 12,5 ribu pria. Mereka hidup dengan berkebun dan beternak.

Laporan: Banjir Ambarita l Papua

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama
Waketum Nasdem, Ahmad Ali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini

Sekertaris Jenderal Partai Nasdem, Hermawi Taslim, menegaskan kalau kehadiran Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali ke rumah pribadi Prabowo Subianto dalam rangka silaturahmi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024