Liburan, Kereta Tambahan Dioperasikan

Peresmian Kereta Komuter
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Pada musim libur sekolah ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengoperasikan KA Argo Lawu tambahan mulai 1 Juli 2010 hingga 4 Juli 2010. Sebab, dipastikan terjadi lonjakan jumlah pengguna jasa layanan kereta ke Jawa Tengah.

"Saat ini sudah banyak pemesanan tiket untuk liburan sekolah (ke Solo dan Yogyakarta, kami perkirakan ada peningkatan 10% dibandingkan hari biasa," kata Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Daerah Operasi I Jakarta, Mateta Rijalul Haq, Senin 28 Juni 2010.

KA Argo Lawu tambahan, dijadwalkan berangkat dari Jakarta pukul 21.05 WIB dan tiba di Solo pukul 05.33 WIB. Setiap kereta tambahan, memiliki 400 seat.

Selain itu, persiapan PT KAI bila terjadi lonjakan penumpang lainnya ialah menambah jumlah rangkaian kereta. KA yang biasanya hanya delapan gerbong akan ditambah menjadi 10 gerbong.

"Itupun sesuai dengan kebutuhan kapasitas dan kekuatan tarik lokomotif, tidak semua stasiun peronnya cukup untuk rangkaian panjang," kata Mateta.

Peningkatan jumlah penumpang sudah terjadi sejak Sabtu 26 Juni 2010. Waktu itu mencapai 10.751, padahal di hari biasa hanya di bawah 10.000 penumpang.

Mengenai tarif, Mateta mengatakan khusus liburan kali ini, PT KAI tidak menerapkan tarif batas atas. Tapi, PT KAI hanya akan memberlakukan tarif batas menengah.

"Cukup fleksibel, mungkin hanya yang di akhir pekan yang agak tinggi harganya," ujarnya. (umi)

Sengketa Pilpres Dinilai Jadi Pembelajaran, Saatnya Prabowo-Gibran Ayomi Semua Masyarakat
Airlangga Hartarto Didukung Satkar Ulama jadi Ketum Golkar 2024-2029

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi

Dukungan ke Airlangga Hartarto, untuk kembali memimpin Partai Golkar, terus berdatangan. Kali ini, dari organisasi didirikan Golkar, yakni Satuan Karya atau Satkar Ulama.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024