BMKG: Gempa 6,3 SR Tak Akan Merusak Bangunan

gempa 6 SR dekat Sukabumi
Sumber :
  • usgs.gov

VIVAnews -- Staf khusus Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat Suhardjono, mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir untuk kembali ke rumah. Gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) yang berpusat di Tasikmalaya, Sabtu 26 Juni 2010, tidak akan terjadi lagi dalam kekuatan besar.

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali

"Tidak perlu ada evakuasi, gempa ini tidak merusak bangunan, maka silahkan kembali ke rumah," kata Suhardojono kepada VIVAnews.

Ia menambahkan, kalaupun ada gempa susulan, itu biasa terjadi setiap ada gempa besar. Tapi intensitasnya tidak sebesar yang pertama.

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Selain itu, menurut catatan BMKG, gempa yang terjadi selama tidak merusak bangunan sekitar, artinya gempa itu bisa diatasi. Sehingga warga tidak perlu mengungsi.

Mengenai gempa yang cukup kuat hingga dirasakan sampai Jakarta, Bandung, Cirebon dan sekitarnya, menurut Suhardjono hal itu adalah wajar. Karena memang intensitas gempa pasti meluas, dan bangunan yang tinggi akan merasakan paling kuat, ketimbang di bawah. 

Hingga saat ini, warga yang berada di Garut belum mau masuk ke dalam rumah karena khawatit akan terjadi gempa susulan dan memilih untuk berdiam di luar rumah, hingga ada instruksi dari petugas. (umi)

Nicole Shanahan

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Independent presidential candidate Robert F. Kennedy Jr. named Silicon Valley attorney and entrepreneur Nicole Shanahan as his vice presidential pick at a campaign rally.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024