Marak Ledakan Gas, Wapres Rapat Soal Tabung

Tabung gas tiga kilogram yang juga diburu keluarga mampu.
Sumber :
  • Antara/Ismar Patrizki

VIVAnews - Sejumlah ledakan tabung gas makin banyak terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Pemerintah pun menggelar rapat koordinasi menanggapi banyaknya ledakan tabung gas, Jumat, 25 Juni 2010.

Rapat digelar di Istana Wakil Presiden, pukul 13.00. Wapres Boediono sendiri yang akan memimpin rapat yang dihadiri sejumlah pejabat lintas sektoral.

Adapun sejumlah pejabat yang mengikuti rapat ini antara lain Menteri Riset dan Teknologi Suharna Surapranata, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedi Saleh, Menteri BUMN Mustafa Abubakar, dan Kepala Badan Reserse Kriminal Umum Mabes Polri Komisaris Jenderal Ito Sumardi.

Selain itu hadir pula dalam pertemuan ini dari Pertamina dan Kementerian Perindustrian.

Sebelumnya, Menteri ESDM Darwin Zahedi Saleh mengatakan perlu pola penanganan yang terpadu untuk menangani masalah meledaknya tabung gas. "Agaknya diperlukan suatu pola penanganan yang lebih tersimpul lagi," kata Darwin kemarin.

Tabung gas elpiji yang meledak sudah berulang kali terjadi. Bukan cuma tabung elpiji 3 kilogram, melainkan juga elpiji 12 kilogram.

Pada Kamis saja, 24 Juni 2010, tabung elpiji meledak di tiga tempat yang berbeda, yakni di Senen, Matraman dan Bogor.

Pertama,
ledakan tabung gas 3 kilogram di kawasan Senen, Jakarta Pusat menyebabkan lima rumah hangus terbakar. Menurut informasi dari Pusat Komunikasi dan Informasi Bidang Humas Polda Metro Jaya, kebakaran terjadi di kawasan dekat Pasar Poncol, RT 3 RW 3, Bungur, Senen, Jakarta Pusat. Setelah terjadi ledakan, api mulai terlihat pukul 04.00 WIB dan cepat membesar serta mulai membakar rumah yang ada di sekitarnya.

Kedua, ledakan akibat kebocoran tabung gas kembali terjadi di dapur rumah makan Lapo Amelia, di Jl Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Kamis 24 Juni 2010. Akibat ledakan yang terjadi pukul 14.30 WIB ini, sebanyak empat orang mengalami luka. Satu korban, Manto mengalami luka serius dan telah dilarikan ke RS Cikini, Jakarta Pusat.

Menurut Kapolsek Matraman, Komisaris Suwanda, ledakan dipastikan dari tabung gas berukuran 12 kilogram yang mengalami kebocoran.

Ketiga, tabung gas elpiji 3 kilogram meledak pada pukul 16.00 WIB di Kampung Lebak Pilar, Kelurahan Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Akibatnya, dua orang mengalami luka-luka bakar pada bagian tubuhnya dan sebuah rumah nyaris terbakar. Kedua korban tersebut, Andre dan Maswin.

Pemerintah mengubah kebijakan energi yang dikonsumsi masyarakat kecil dari semula minyak tanah ke elpiji untuk memangkas subsidi bahan bakar minyak. Namun, perubahan kebijakan ini tidak dibarengi dengan pemahaman masyarakat bahwa kebocoran gas elpiji berisiko di ruang tertutup. Ironisnya, tak sedikit pengguna elpiji adalah rumah tangga yang minim ruang terbuka.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini
Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024