Peserta Ujian Universitas Pakai Foto Facebook

Logo di kantor Facebook
Sumber :
  • izismile.com

VIVAnews - Sejak awal pendaftaran ujian seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, panitia  sudah memperingatkan peserta ujian untuk menggunakan foto formal.

Namun yang terjadi, sebagian peserta malah menggunakan foto yang diambil dari laman jejaring sosial, Facebook.

Juga ditemukan, foto yang ukurannya terlalu kecil dan tidak jelas.  Total ada 295 peserta yang menggunakan foto 'tak wajar'.

Menurut Ketua Panitia Lokal SNMPTN 44 Surakarta, Prof Dr Ravik Karsidi, sejak awal pihaknya sudah memperingatkan peserta untuk mengunduh atau memasang foto formal seperti halnya foto yang terpasang di ijazah SMA. Akan tetapi pada masa pendaftaran lalu ditemukan sebanyak 500 lebih foto yang tidak sesuai dengan persyaratan.

“Kami sejak awal sudah halo-halo kepada para peserta untuk mengganti fotonya yang sesuai dengan persyaratan karena mereka sebagian memakai foto Facebook. Namun pada kenyataannya pada tes SNPMTN hari pertama kemarin masih banyak ditemukan foto yang tidak sesuai,” kata dia di Solo, Kamis, 17 Juni 2010.

Bahkan foto-foto tersebut ada yang berpose memakai helm dengan menaiki motor. "Apa biar dibilang gagah gitu ya. Ada juga yang sedang merangkul temannya. Malah ada juga yang sedang berpose gaya. Itu hasil penemuan kemarin, “ ungkap dia.

Dengan adanya penemuan kasus foto itu, kemarin pihaknya telah menyuruh kepada para peserta yang mempunyai masalah dengan foto miliknya untuk segera menghubungi help desk UNS.

“Kemarin setelah selesai ujian para peserta itu langsung mendatangi help desk UNS untuk mengganti fotonya. Namun ada juga yang menggantinya dengan mengunduh sendiri,” ujar Ravik.

Laporan: Fajar Sodiq| Solo

Ceramah Khatib Soroti Kecurangan Pemilu Picu Jemaah Bubar, Panitia Shalat Id di Bantul Minta Maaf
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie

Ucapan Syukur Jonatan Christie Akhiri Rekor Buruk Lawan Lee Zii Jia dan Tembus Semifinal BAC 2024

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie maju ke babak semifinal Badminton Asia Championships (BAC) 2024 setelah menyingkirkan pebulutangkis Malaysia Lee Zii Jia.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024