Video Teleconference Bantu Transparansi MK

VIVAnews - Mahkamah Konstitusi segera meresmikan penggunaan video teleconference untuk sidang jarak jauh. Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi, Janedjri M Gaffar mengatakan video teleconference membantu transparansi Mahkamah.

"Saksi atau ahli di luar daerah dan luar negeri bisa didengarkan perdebatannya dan langsung tersambung ke 34 fakultas hukum di 34 universitas Indonesia," jelas Janedjri kepada wartawan, Senin 15 Desember 2008.

Dengan demikian, kata dia, perdebatan tersebut bisa disaksikan oleh mahasiswa di 34 universitas negeri itu tanpa harus datang ke Jakarta. Adapun universitas yang diajak kerja sama oleh Mahkamah di bidang video teleconference ini adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran,  Universitas Sriwijaya, Universitas Cendrawasih, Universitas Hasanuddin, dan sebagainya.

"Video teleconference ini juga bisa digunakan untuk pengajuan permohonan perkara dan konsultasi konstitusi secara online," kata dia. Menurut rencana, video tersebut akan diresmikan pada Senin pekan depan dengan disertai berbagai acara seputar konstitusi.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Diantaranya lomba debat konstitusi dan diskusi tokoh terbatas yang dihadiri sejumlah pejabat seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Andi Mattalatta, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, dan sebagainya.

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024