Presiden SBY Minta Fasilitas Lansia Ditambah

Kegiatan Lansia
Sumber :
  • Yayasan Pondok Kasih

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah untuk menyediakan fasilitas umum bagi lanjut usia (lansia). Pemerintah juga memberikan bantuan kepada kaum lansia yang memerlukan bantuan nyata.

"Tidak etis manakala yang tua dan penyandang cacat harus berdesak-desakan di berbagai fasilitas publik," katanya dalam peringatan puncak Hari Lanjut Usia Nasional di Istana Negara Jakarta, Rabu 9 Juni 2010.

Dia mengatakan jumlah manula di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Pada tahun 1970 jumlah manula mencapai 5,3 juta orang dan pada 1990 menjadi 12,7 juta. Sementara pada 2005 jumlah merangkak naik menjadi 16,8 juta orang dan 2008 menjadi 19,5 juta orang.

Selain itu, kata dia, usia harapan hidup juga meningkat mencapai 70,7 tahun dari usia 60 tahun.

Jumlah ini juga memberikan implikasi untuk meningkatkan anggaran dari sisi aspek sosial bertambahnya jumlah manula. Pasalnya, para lanjut usia tidak bisa lagi bekerja.

Biasanya Kalem, Ternyata Beby Tsabina Bisa Juga Jadi Anak Motor

Dalam acara tersebut, pemerintah memberikan bantuan kepada 10 ribu lanjut usia dari 28 provinsi sebesar Rp 300 ribu per bulan. (umi)

Prof Raymond Tjandrawinata.

Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia

Guru besar dan peneliti di Fakultas Bioteknologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya tersebut, telah menjelajahi dunia sains hingga negeri Paman Sam.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024