Status Facebook Rasis, Mahasiswa ITB Diskors

Kampus ITB
Sumber :
  • Sigit Zulmunir/VIVAnews

VIVAnews - Institut Teknologi Bandung (ITB) menjatuhkan sanksi kepada Dzulkiflry Imadul Bilad, mahasiswa ITB yang menulis status rasis di Facebook. Dzulkifry dijatuhi sanksi berupa skorsing selama tiga semester. Selain sanksi skors, Dzulkifry juga dijatuhi hukuman kerja sosial dan profesi.

"Sanksinya sama dengan apa yang direkomendasikan oleh Komisi Disiplin ITB," kata Rektor ITB Akhmaloka saat dihubungi, Selasa 8 Juni 2010.

ITB telah menjatuhkan sanksi itu pada Senin sore kemarin. Ia juga telah memberitahu keputusan sanksi itu kepada Program Studi Kimia dan Fakultas MIPA untuk masalah administrasi Dzulfikry.

Selain sanksi itu, ITB juga memberikan sanksi kerja sosial dan profesi. Sanksi kerja sosial dan profesi nantinya akan diatur oleh Lembaga Kemahasiswaan ITB.

Selain itu, Dzulkifry juga difasilitasi untuk ke Psikolog ITB. "Sanksi kerja sosial dan profesi bisa seperti memberikan tutorial," ujarnya.

Terkait program Honors Fast Track yang diikuti, Rektor menjelaskan kemungkinan besar Dzulkifry akan mengikuti program Honors non-fast track. Program honors program khusus untuk melanjutkan S-2 dalam waktu studi yang telah ditentukan.

"Program Honors ada yang fast track (jalur cepat) dan non-fast track. Kemungkinan Dzulkifry akan mengikuti program Honors non-fast track karena tidak lulus tepat waktu. Ia akan mendapatkan sertifikat Honours," ujarnya.

Ia juga menjelaskan jika Dzulkifry berprestasi baik selama menjalani hukuman sanksi sosial maka dia berkesempatan mendapatkan pengurangan sanksi dari ITB, namun jika Dzulkifry melanggar aturan ITB maka sanksinya bisa dikeluarkan dari ITB. "Orang baik bisa mendapatkan remisi," ujarnya.

Pada Mei 2010, Dzulkifry membuat status yang berbau rasis. Status Dzulkifry itu menyinggung warga Papua.(np)

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Laporan: Iwan Kurniawan l Bandung

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024